8 Tips Mendidik Anak Agar Sholeh Dan Sholehah - Sharia Green Land

Selain anak yang pintar, anda juga pasti menginginkan anak yang sholeh dan sholehan. Anak yang sholeh juga menjadi dambaan karena akan membawa kita pada surge. Nah untuk mendidik anak yang sholeh, anda harus mencotohkan hal yang baik dan jangan mencontohkan hal yang dilarang agaman. Mendidik anak yang sholeh juga ahrus mengubah kebiasaan anda. jadi anda harus benar-benar mengubah seluruh kebiasaab apapun di rumah jika anda ingin anak yang sholeh. Sikarenakan anak yang sholeh bukan perkara mudah, anda jangan sepelekan dan harus merelakan kebiasaan buruk anda. berawal dari kebiasaan lama kelamaan anak anda akan meniru semua hal yang baik. Nah selain mengubah kebiasaan dan mencontohkan hal yang baik anda ikuti berita terkini online berikut ini untuk membuat anak anda menjadi anak yang sholeh.

  1. Cipatakan Suasana Yang Islami Di Rumah Anda

Tips pertama yang harus anda lakukan untuk membuat anak anda menjadi anak yang sholeh adalah dengan membuat suasana rumah anda menjadi islami. Menciptakan suasana yang islami bisa dimulai dengan menempelkan banyak surat di kamar anak anda atau hafalan surat. Kemudian jangan menonton tv, tapi dengarkan anak murotal quran. Dengan mendengarkan murotal quran, anak akan menjadi terbiasa dan suka dengan suara yang didengarnya tiap hari. Nah selain memperdengarkan murotal al-quran. Mulai sekarang juga jangan beri tontonan anak yang tidak berbau islami, jadi pilih kartun yang mengajarkan tentang keislaman. Kemudian anda juga ubah nuansa rumah layaknya yang diajarkan dalam hadist. Pilih hiasan kaligrafi atau gambar yang bernuansa islami. Ganti lukisan yang tidak mengandung hal-hal tersebut.

  1. Rajin Membangunkan Subuh

Mengajarkan sholat adalah hal yang paling utama untuk menjadikan anak sholeh. Namun bagaimana jika sholat subuh yang terkadang kita saja susah bangun? Nah jika anda ingin anak anda menjadi anak yang sholeh, anda harus terbiasa membuat anak anda bangun subuh. Bangunkan untuk sholat subuh dengan begitu anak anda akan terbiasa. Dengan sholat subuh anak anda juga tida menyepelekan sholat lima waktu. Hal tersebut karena sholat subuh menjadi sholat yang susah untuk dilakukan. anda bisa membangunkan dengan perlahan saja dan jangan membuat kegaduhan. Dengan mencium pipi anak dan membangunkannya. Anda juga bisa membangunkan dengan suara ngaji di kamarnya. Anak akan bangun juga.

  1. Selalu Ajak Sholat Berjamaah

Menjadikan anak yang sholeh, dimulai dari selalu mengajaknya untuk sholat berjamaah. Jadi anda bisa mengajak anda sholat berjamaah setiap waktu maghrib, subuh atau isya. Jika anda tidak bekerja di laur, anda juga bisa mengajaknya sholat zuhur dan ashar berjamaah juga. dengan mengajak anak anda sholat berjamaah, anda tidak akan malas dan bersemangat. Hal ini dikarenakan semua anggota keluarga melakukan sholat. Nah untuk anda yang punya anak cowok, anda bisa mengajaknya sholat berjamaah di masjid setiap sholat manghrib dan subuh. Nah setiap hari jumat, anda juga membiasakan anak anda untuk sholat jumat.

  1. Ajak Liburan Ala Islami

Banyak sekali tempat wisata yang tidak hanya mengajarkan tentang alam namun juga wisata yang mengajarkan tentang islami. Anda bisa mengajaknya ke berbagai masjid yang ada di kota di Indonesia. nah dengan wisata masjid ini anak anda akan kagum akan rumah ibadahnya. Sewaktu-waktu anda juga ajak anak anda umroh.

By sartika