Pandemi virus corona memaksa hampir semua karyawan kantoran atau guru dan dosen untuk menjalani pekerjaannya secara online. Aktivitas seperti meeting kantor dan kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan melalui aplikasi komunikasi berbasis video, seperti Zoom ataupun Skype. Jadi, meski tidak bertatap muka secara langsung, masyarakat tetap bisa menjalani kewajiban pekerjaannya Cara mengecek kuota Telkomsel.

Namun, masalah lain muncul saat harus setiap hari melakukan meeting online melalui aplikasi berbasis video tersebut. Karena berbasis video, aktivitas tersebut membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang memanfaatkan layanan internet Wi-Fi yang biasanya memiliki kuota tak terbatas.

Lain halnya jika Anda hanya menggunakan layanan paket data internet dengan kuota terbatas. Contohnya, apabila Anda menggunakan paket internet Telkomsel, tentunya kuota internet pasti akan sangat cepat terkuras setiap kali melangsungkan aktivitas meeting online. Dalam satu bulan saja, Anda bisa membeli paket data internet sebanyak 2 hingga 3 kali.

Jika dilakukan secara terus-menerus, jangan kaget jika ternyata pengeluaran setiap bulan selama pandemi melonjak tajam. Anda tentu tidak ingin jika pemasukan yang sudah menyusut semakin berkurang karena terlalu sering membeli paket data internet. Untuk itu, simak tips berikut untuk menghemat kuota meski harus meeting online setiap hari sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Koinx.id:

Matikan Video Ketika Tidak Dibutuhkan

Walaupun berbasis video, pengguna aplikasi komunikasi seperti Zoom dan Skype dapat mematikan video ketika tidak dibutuhkan. Jika tidak penting untuk memperhatikan gambar peserta atau pembicara lain, maka tidak ada salahnya mematikan video pengguna lain atau video milik Anda sendiri.

Dengan melakukan cara ini, Anda bisa mengurangi penggunaan kuota internet saat meeting online dengan cukup signifikan. Bahkan, pihak Zoom sendiri pada situs resminya juga menganjurkan penggunanya untuk melakukan cara ini guna menghemat kuota internet. Jadi, Anda pun tidak lagi sering membeli paket data internet karena boros menggunakan kuota internet.

Kembali ke Home Screen Smartphone atau Laptop

Beberapa aplikasi komunikasi online tetap bisa berjalan dan beroperasi seperti biasa meski tidak sedang aktif digunakan, seperti Zoom. Dalam kata lain, saat Anda membuka aplikasi lain atau sedang berada di halaman utama smartphone atau laptop, aplikasi Zoom akan tetap aktif dan audio dari pengguna lain tetap bisa terdengar.

Cara ini memang tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya. Akan tetapi, keduanya akan membuat Anda melewatkan presentasi atau tampilan penting yang disajikan peserta lain. Jadi, tetap fokus pada inti pembicaraan meeting dan segera aktifkan kembali aplikasi dan lihat video ketika akan ada penyajian presentasi atau semacamnya.

Non-Aktifkan Fitur Video HD

Untuk meningkatkan kenyamanan saat melakukan pertemuan secara daring, tak sedikit aplikasi komunikasi video yang menyematkan fitur HD. Tentunya, dengan mengatur gambar dengan kualitas yang lebih bagus dan jernih, mata akan lebih nyaman dan dapat berlama-lama melihat layar smartphone atau laptop.

Namun, saat fitur ini aktif, sudah pasti kuota internet akan jauh lebih cepat tersedot. Jadi, jika memang sedang ingin menghemat kuota, non-aktifkan dulu fitur video HD pada aplikasi. Atur kualitas video dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi atau yang menurut Anda masih nyaman untuk dilihat. Dengan begitu, tak peduli seberapa lama meeting online tersebut berlangsung, Anda tidak perlu khawatir lagi akan banyaknya kuota internet yang akan digunakan.

By Deric