Untuk kamu yang ada di Pulau Jawa, berlibur ke rekreasi Solo dengan keluarga bisa saja opsi pas untuk kabur sesaat dari semua kegiatan rutin. Berikut sepuluh referensi tempat rekreasi terpopuler di Solo yang harus kamu datangi.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu, Rekreasi Air Terjun Solo

Air Terjun Grojogan Sewu ialah tujuan rekreasi alam Solo yang ada di Lereng Gunung Lawu. Air terjun dengan tinggi sekitaran 81 mtr. ini mempunyai dua pintu masuk, yakni lajur atas dan lajur bawah.

Bila melalui lajur atas, kamu harus menuruni beberapa puluh anak tangga. Sementara bila melalui lajur bawah, pengunjung akan melalui jembatan yang populer dengan dogma cinta.

Disekitaran Air Terjun Grojogan Sewu ada beberapa kera liar yang berkeliaran . Maka kamu harus jaga barang bawaan, janganlah sampai diambil oleh beberapa kera ya.

Udara di sini benar-benar dingin dan sejuk. Sayang, pengunjung jangan mandi karena banyak batu dan kerikil yang jatuh di atas. Tetapi, sekedar nikmati keelokan air terjun juga asyik kok.

Tidak cuman nikmati keelokan air terjun, kamu dan keluarga bisa juga naik mini rafting atau flying fox. Janganlah lupa cicip sate kelinci yang populer nikmat disekitaran Grojogan Sewu.

2. Keraton Surakarta atau Keraton Kasunanan Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan dibangun oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) di tahun 1744. Walau terbuka untuk umum, pengunjung jangan masuk tempat tinggal Raja Pakubuwono. Pelancong cuman bisa masuk ke pendopo besar dalam Sasana Sewaka.

Di rekreasi Solo ini, kamu dan keluarga dapat menyaksikan atraksi tari dan gamelan. Pelancong bisa juga berkunjung museum yang berada di dalam teritori keraton. Ada beberapa koleksi kerajaan yang dapat kamu saksikan, seperti kereta kencana, tandu, patung, dan senjata kuno.

Datangi rekreasi keluarga di Surabaya untuk referensi rekreasi yang lain.

3. Kampoeng Batik Laweyan, Rekreasi Riwayat dan Budaya Solo

Kampoeng Batik Laweyan sebagai salah satunya pusat batik paling tua di Kota Solo. Daerah yang menjadi icon batik Solo semenjak era ke-19 ini terletak tidak jauh dari Stasiun Purwosari. Mayoritas warganya juga bekerja sebagai pembikin batik dan pedagang.

Bukan sekedar beli batik untuk oleh-olehan, kamu bisa juga menyaksikan proses membatik atau ikuti workshop membuat batik. Ada pelatihan membatik dalam sekejap, ada pula training membatik secara intens.

baca juga : Daya pikat Batu-batuan di Pulau Kelor buat Poto Prewedding

Selainnya belajar membatik, jalanan telusuri lorong gang hebat karena banyak bangunan tua yang unik dan instagramable. Pas buat hunting photo!

4. Pasar Klewer, Pasar Tekstil Paling besar di Jawa tengah

Pasar klewer ialah pasar tekstil paling besar di Jawa tengah. Letak rekreasi Solo terkenal ini bersebelahan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pasar ini benar-benar pas dikunjungi untuk beli beragam oleh-olehan ciri khas Solo. Opsinya banyak karena ada lebih dari 2.000 kios pedagang di sini. Jika membeli dengan jumlah banyak, kamu dapat memperoleh harga yang tambah murah lho.

5. Pura Mangkunegaran, Istana Istimewa di Kota Solo

Kata “pura” dengan bahasa Jawa mempunyai makna istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran ialah pusat budaya dan seni di Solo. Tujuan rekreasi di Solo ini simpan beragam koleksi bernilai yang kabarnya datang dari Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Berdiri semenjak tahun 1757, pelancong akan didampingi tur guide saat melingkari bangunan ini. Demikian masuk pintu gerbang, kamu akan disongsong dengan pendopo berpenampilan Jawa-Eropa.

Pendopo ini biasa dipakai untuk perlihatkan tari dan wayang. Pelancong bisa juga masuk ke Pringgitan, yakni tempat di mana keluarga kerajaan tinggal dan area untuk menyimpan beberapa benda kerajaan.

Jika berlibur ke Solo, harus sekali dech berkunjung tujuan yang ini.

6. Candi Cetho, Mistik dan Romantis di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho ialah candi Hindu di Kabupaten Karanganyar yang harus kamu datangi. Candi di lereng gunung lawu ini ada di ketinggian 1496 m di permukaan laut hingga udaranya benar-benar sejuk dan berkabut.

Untuk capai Candi Cetho, kamu harus melalui kebun teh punya masyarakat. Panoramanya tidak boleh ditanyakan, benar-benar romantis dan mempersejuk mata.

Selainnya rekreasi riwayat dan budaya, kamu dapat sekaligus hunting photo karena spot photo di Candi Cetho banyak yang baik.

7. Candi Sukuh, Candi Hindu yang Serupa Bangunan Suku Maya

Candi Sukuh sebagai candi Hindu yang diprediksi dibuat di akhir era ke-15 M yang ada di Lereng Gunung Lawu.

Candi ini dipandang polemis karena ada pelukisan kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya. Walau demikian, memiliki bentuk benar-benar unik karena serupa dengan bangunan Suku Maya di Meksiko atau warisan budaya Inca di Peru. baca paket wisata pulau bidadari jakarta

Rekreasi di Kota Solo ini ada diketinggian sekitaran 1.86 m di permukaan laut. Tidaklah aneh bila di sini kerap kelihatan kabut yang membuat jadi benar-benar syahdu. Berlibur bersama keluarga ke Candi Sukuh tentu asyik.

8. Pasar Triwindu, Surga Barang Unik Solo

Pasar Triwindu Solo khusus jual beragam barang unik dengan keadaan yang bagus. Keunikan itu membuat jadi sisi rekreasi budaya di Kota Solo. Salah satunya tujuan harus saat berlibur di Solo dech dasarnya!

Berdiri semenjak tahun 1939, ketenaran rekreasi Solo ini bahkan juga telah capai luar negeri. Banyak barang vintage yang dapat kamu dapatkan di sini. Dimulai dari almari, cermin, lampu, coin kuno, piring, dan perlengkapan yang lain.

9. Museum Batik Danar Hadi

Berlibur ke Solo tidak komplet rasanya tanpa berkunjung Museum Batik Danar Hadi atau House of Danar Hadi yang telah berdiri semenjak tahun 1967. Di luar, bangunannya terlihat istimewa dan asri dengan pohon-pohonan yang rimbun.

Kabarnya, museum di Solo ini mempunyai lebih dari 10.000 helai kain. Karena banyak memiliki koleksi batik, museum ini sampai masuk MURI, lho.

Batik-batik yang dikoleksi umumnya sebagai punya individu dari H. Santosa Doellah. Tetapi, ada pula batik-batik hasil lelang, pemberian, dan batik yang dibikin di workshop Danar Hadi.

10. Daerah Batik Kauman, Berbelanja Oleh-Oleh Ciri khas Solo

Satu kembali rekreasi Solo yang harus kamu datangi bila sukai dengan rekreasi riwayat dan budaya, yakni Daerah Batik Kauman. Lokasi Daerah Batik Kauman lumayan strategis karena dikitari jalanan prosedur Kota Solo.

Batik yang dibuat di sini berlainan dengan batik jogja dan batik pekalongan karena bermotif yang semakin banyak dan warna jelas. Benar-benar pas diboyong untuk oleh-olehan dari Solo. Jalanan ke rekreasi Solo ini dengan keluarga tentu hebat.