FX-Ray Project: Atalanta B.C. - Statathlon: Intelligence as a Service

Atalanta merupakan salah satu klub sepak bola asal Itali yang selalu mengisi klasemen Serie A Liga Itali setelah meraih promosi dari Serie B pada musim 2010–2011. Atalanta memiliki julukan Nerazzurri dan Orobici dan didirikan pada tahun 1907 oleh beberapa pelajar asal Swiss di gym liceo classic. Atalanta bermain dengan mengenakan seragam biru-hitam vertikal, celana pendek hitam dan kaus kaki hitam. Klub dengan nama panjang Atalanta Bergamasca Calcio memiliki logo klub yang bergambar siluet perempuan berambut panjang, dan memiliki julukan La Dea atau sang dewi. Logo tersebut membuat klub Atalanta memiliki keunikan tersendiri dibanding klub yang masuk ke dalam klasemen Serie A Liga Itali lainnya.

Sejarah logo tersebut bermula pada tahun 1907 di malam musim gugur. Saat itu, terdapat ada lima pemuda yang berusia sekitar 20 tahunan sedang berkumpul di restoran. Kelima pemuda itu yaitu, Eugenio Urio, Giovanni Roberti, Alessandro Forlini, serta kakak beradik Gino dan Ferruccio Amati. Tujuan mereka berkumpul berencana untuk membuat klub olahraga baru, lebih tepatnya klub tanding sepak bola. Lalu, pada tahun 1903, imigran asal Swiss ternyata sudah lebih dulu mendirikan klub di wilayah Bergamo, yang bernama Foot Ball Club Bergamo. Pertemuan yang dihelat pada 17 Oktober 1907 itu menghasilkan beberapa kesepakatan. Diantara, disepakati nama klubnya yaitu Atalanta BC. Lalu, Vittorio Adelasio diangkat jadi presiden pertama klub, sedangkan Gino Amati bertindak sebagai sekretaris pertama klub.

Mengapa logo Atalanta adalah seorang perempuan, karena Atalanta merupakan nama dari salah satu karakter perempuan dalam Mitologi Yunani. Dia dikisahkan sangat jago dalam urusan olahraga lari. Atalanta dahulu disuruh menikah oleh ayahnya, karena Atalanta tidak mau menikah, akhirnya dirinya memberikan syarat kepada ayahnya, yaitu yang berhak menikahinya adalah laki-laki yang bisa mengalahkannya dalam lomba lari. Apabila laki-aki tersebut kalah dalam pertandingan maka harus dihukum mati. Dan ternyata, banyak sekali laki-laki yang mati karena tidak bisa mengalahkan Atalanta dalam lomba lari saking kencangnya. Hingga akhirnya, datanglah Hippomenes, cucunya dari Poseidon yang menjadi salah satu kandidat penantang. Demi bisa menikah dengan Atalanta, Hippomenes sampai meminta bantuan kepada Dewi Aphrodite untuk membantunya agar menang dalam lomba lari, yaitu dengan cara Aphrodite memberinya tiga apel emas. Apel-apel tersebut merupakan kunci untuk memperlambat Atalanta.  Saat lomba berlangsung, Hippomenes harus melempar apel-apel tersebut kepada Atalanta setiap kali Atalanta terlihat berlari mendahuluinya. Para prakteknya, Atalanta benar-benar selalu mengejar apel-apel yang dilemparkan oleh Hippomenes. Setiap kali Atalanta terdistraksi oleh apel itu, Hippomenes menyalipnya. Singkat cerita, Hippomenes menang dan akhirnya dapat menikah dengan Atalanta.

Walaupun begitu, ternyata Atalanta BC tidak langsung menggunakan logo bergambar perempuan saat baru pertama didirikan. Dulu, logo Atalanta BC yaitu  perpaduan garis-garis hitam dengan latar belakang putih di dalam naungan perisai. Di sebelah garis-garis hitam, terdapat bidang biru gelap, dan nama klub tertulis di bagian atas. Logo gambar perempuan tersebut baru mulai digunakan pada tahun 1960-an. Itu pun berbeda dengan logo yang sekarang. Dulu, perempuan dalam logo mereka digambarkan sedang berlari, mirip seperti Atalanta Mitologi Yunani. Namun sekarang, setelah mengalami modifikasi, akhirnya logo Atalanta BC yang sekarang biasa kita lihat, yaitu hanya gambar kepala perempuan berambut panjang, nama klub di bagian atas, tahun berdiri di bagian bawah.

 

By sartika