Sejarah dan Fasilitas di Wisata Nuart Sculpture Park

https://www.foryoutour.co.id/ – Nuart Sculpture Park adalah salah satu destinasi wisata yang sangat unik dan spesial yang bisa kamu kunjungi ketika di bandung. Apalagi jika kamu merupakan seseorang yang sangat suka dengan karya seni. Tidak hanya sekedar melihat karya seni dari Nyoman Nuarta saja, disini kamu juga menikmati berbagai macam pameran dan diskusi karya seni. Karena memang museum ini juga menjadi tempat berkumpulnya para seniman, kurator, penikmat seni sampai desainer. Nuart Sculpture Park atau sering disebut Nuart Gallery ini merupakan museum seni patung serta lukisan hasil karya Nyoman Nuarta yang sudah dibuka sejak tahun 2000.

Sejarah dan Fasilitas di Wisata Nuart Sculpture Park

  1. Didirikan oleh Nyoman Nuarta

Sebagai pendiri museum, Nyoman lahir di Tabanan Bali dan lulus dari Fakultas Seni Rupa ITB pada 1979. Dikenal sebagai seniman ratusan seni pahat bergaya alam, sang maestro menggunakan bahan dasar kuningan dan tembaga sebagai bahan dasar pahatannya. . Keahliannya telah membuatnya diakui sebagai pematung dan pematung utama yang sensasional bahkan di dunia internasional.

  1. Bermula dari Lomba Seni Patung

Potensi dan prestasinya yang besar diawali dengan kemenangan sang maestro dalam kompetisi patung proklamator Indonesia tahun 1979. Sejak saat itu karya dan pahatannya telah meraih berbagai penghargaan dan apresiasi dari pemerintah Indonesia, swasta bahkan dunia internasional. Salah satu karyanya adalah desain Piala Liga Dunhill tahun 1994 dan Piala Liga Bola Basket Nasional musim 2011-2012 dan tentunya jangan lupakan karya paling fenomenal sang maestro yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Selain itu, ia juga aktif terlibat dalam berbagai organisasi patung di dunia, seperti International Sculpture Center Washington, Royal British Sculpture Society dan Steering Committed For Bali Recovery Program.

  1. Hasil karyanya telah diakui

Sejumlah pengamat seni rupa yang mengagumi karya sang maestro mengatakan bahwa karyanya tidak hanya menekankan pada detail pahatan seperti bentuk, estetika, ukuran, keindahan atau hal fisik lainnya, namun lebih dari itu, karya seninya mengandung makna filosofis yang dalam dan kuat. dan bermakna. Nuart Sculpture Park didirikan tidak hanya sebagai private museum, kumpulan karya-karya spektakuler Nyoman Nuarta, tetapi juga menjadi wadah bagi seniman lokal dan internasional untuk berekspresi, menyimpan atau sekadar memamerkan karya-karya terbaiknya.

Fasilitas di Nuart Sculpture Park Bandung

  1. Taman Patung

Jika Anda memasukinya, hal pertama yang akan Anda lihat adalah hamparan taman di sekitar gedung galeri seni, yang memamerkan berbagai patung sang maestro dunia yang sangat indah dan memiliki makna filosofis yang mendalam. Patung-patung artistik tersebut antara lain adalah patung Waiting yaitu patung kuda dengan wajah wanita di punggungnya, patung Man and Cosmos, patung Nightmare, Trap, Fire House, dan patung lainnya.

Namun, salah satu patung itu legendaris dan Anda harus tahu sejarahnya. Patung tersebut adalah Patung Drupadi yang pada tahun 2008 dibuat film layar lebar. Patung tersebut berupa pemandangan 3 makhluk yaitu 2 manusia dan 1 wajah seram mirip wajah setan bergigi tajam. Ia memiliki filosofi hubungan cinta terlarang antara kekasih yang melahirkan bayi yang tidak diinginkan hingga diputuskan untuk digugurkan.

  1. Gedung Galeri Nuart

Dengan luas 1.000 meter persegi, gedung galeri seni sang maestro terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat pameran atau karya seni para maestro, termasuk pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana serta foto dokumentasi pembuatannya. Dan di lantai dua Anda bisa melihat beberapa karya seni pahat yang memvisualisasikan proses kelahiran anak dan cucu sang maestro. Selain itu, sesekali Anda juga bisa menikmati pameran atau pameran karya seni dari berbagai seniman lain dan kegiatan seni lainnya.

  1. Butik Kerajinan

Sebelum pulang, jangan lupa beli oleh-oleh, baik untuk orang tersayang maupun untuk kamu simpan sebagai oleh-oleh di Craft Boutique. Banyak pilihan karya seni pahat miniatur oleh maestro serta dari seniman, desainer, dan pengrajin lokal dan internasional lainnya. Jika Anda ingin membaca buku yang ditulis oleh sang maestro, itu juga tersedia. Namun yang paling unik dan berbeda dari Craft Boutique adalah kamu juga bisa menjual karya senimu di sini. Jamnya sendiri buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 18.00, jadi buruan beli beberapa oleh-oleh.