Ragam Makanan yang Menurunkan Kolesterol Efektif dan Bisa Diandalkan

Sekitar 30% kolesterol yang ada di dalam tubuh disumbang oleh makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karenanya, kontrol dan selektif dalam memilih makanan adalah kunci menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Bahkan, makanan yang menurunkan kolesterol cenderung lebih dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum dengan lebih baik.

Berbincang tentang makanan yang bisa menurunkan kolesterol, ada cukup banyak opsi yang sebenarnya bisa dipilih dan tersedia dengan mudah di pasaran. Hanya saja, mungkin beberapa dari Anda belum menyadari sehingga konsumsi makanan-makanan yang baik dan tidak mengandung kolesterol LDL tinggi masih kurang.

Lantas, apa saja makanan yang bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sebagaimana disinggung di awal, sebenarnya ada cukup banyak makanan yang bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol LDL di dalam tubuh yang cukup mudah ditemukan. Nah, untuk membantu Anda memulai pola makan yang lebih sehat, berikut ada beberapa makanan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

  • Biji gandum

Salah satu bahan makanan yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL secara efektif adalah biji gandum. Menyantap semangkuk bubur gandum di pagi hari dengan tambahan buah akan memberikan serat yang cukup tinggi bagi tubuh. Selain itu, biji gandum juga cukup efektif untuk menahan lapar.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan yang cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini cukup beralasan karena di dalam kacang-kacangan terdapat serat yang cukup banyak dan larut dalam air. Selain itu, karena makanan ini membutuhkan waktu cerna yang lebih lama, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama.

Ada cukup banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk pola konsumsi yang lebih menarik. Anda bisa memilih beragam kacang seperti almond, walnut, kacang polong, kacang merah dan lainnya.

  • Minyak zaitun

Meskipun bukan bahan makanan, namun minyak zaitun bisa ditambahkan dalam makanan atau dikonsumsi secara langsung. Bahan yang satu ini cukup ideal untuk meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL di dalam tubuh.

Perlu diketahui, minyak zaitun memiliki kandungan yang cenderung lebih baik dibandingkan dengan mentega ataupun butter. Oleh karenanya, minyak ini bisa dijadikan alternative untuk memasak aneka sayuran untuk pola konsumsi yang lebih sehat.

  • Ikan

Makanan lain yang cocok untuk menurunkan kolesterol LDL secara efektif adalah ikan. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bisa diandalkan untuk mengurangi risiko tekanan darah dan secara periodik menyeimbangkan kolesterol di dalam tubuh.

Nah, beberapa makanan yang menurunkan kolesterol di atas tentu bisa menjadi opsi untuk menjaga kesehatan secara umum. Lakukan konsumsi terbaik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.