Pentingnya USG Pada Masa Kehamilan

Jaman dulu dan sekarang jelas berbeda, dimana jaman dulu mungkin saja USG menjadi hal yang sangat tabu sekali namun tentu saja pada jaman saat ini bisa dikatakan wajib hukumnya. Diamana USG ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat misalkan:

Mengetahui kondisi janin dengan jelas

Dengan melakukan USG anda akan merasakan dan mengetahui kondisi janin dengan sangat jelas sekali, dimana ini akan membuat anda lebih waspada tentu saja. Namun demikian memang anda juga harus paham kapan waktu yang tepat untuk USG.

Umumnya saat anda sudah positif hamil pada minggu berikutnya sudah bisa melakukan USG untuk pengecekan lebih meyakinkan dan akan rutin nantinya selama satu bulan seklai sampai pada masa masa HPL tiba.

USG atau singkatan dari Ultrasonografi selama kehamilan adalah cara terencana yang termasuk dalam program wajib untuk pengelolaan kehamilan. USG janin adalah sejenis pengenalan pada bayi.

USG idea dilakukan 2-3 kali selama kehamilan: pada 10-12, 20-24, dan 32-37 minggu. Dalam beberapa kasus, USG ini sekarang satu bulan sekali bahkan anda akan tahu apdakah kehamilan anda normal atau cesar misalkan dari USG ini sendiri karena sudah lengkap posisi bayi anda dimana, kondisi air ketuban seperti apa dan apakah memungkinkan lahiran secara normal misalkan.

Tentu saja dari sisi harga sangat terjangkau sekali, bahkan USG 4D murah sekalipun sekarang ini sangat bisa anda manfaatkan dan menggunakan Bpjs juga bisa tentu saja. Jadi, kami sarankan anda jangan malas ya.

Saat ini belum ada metode penelitian di bidang kesehatan dalam hal pemeriksaan kondisi kandungan yang dapat dibandingkan dengan USG dalam hal kandungan informasinya. Dari metode tambahan, USG menjadi salah satu yang utama dalam praktik kebidanan.

Keuntungan utama USG, dokter mempertimbangkan dengan sangat matang mengenai banyak hal termasuk kondisi bayi anda sampai pada kondisi kehamilan yang akan anda lalui nantinya, dan tentu saja untuk faktor keamanan juga.

USG sendiri standarnya dilakukan dalam banyak kasus misalkan:

  • Saat mendiagnosis kehamilan
  • Saat menentukan usia janin
  • Saat mendiagnosis kelaianan janin
  • Saat menentukan posisi janin
  • Saat mendiagnosis kehamilan ganda atau anak kembar tanpa USG anda tidak akan pernah tahu anda mengandung anak kembar atau tidak dan tentu saja posisi serta jenis kelaminya.

USG dalam mode yang digunakan dalam kebidanan aman untuk bayi dan ibu hamil pastinya hal ini sudah banyak dibuktikan oleh study kasus dan anda tidak perlu lagi khawatir akan masalah sepele seperti ini.

Dan yang pasti dalam hal peraktiknya sendiri yang paling utama memiliki tanggung jawab melakukan USG sendiri adalah sudah jelas dokter kandungan. Jadi jangan sampai anda main main dengan melakukan USG sendiri di bidan desa misalkan yang tidak memiliki alat dan pengetahuan yang memadai.

USG adalah merupakan sebuah metode atau gelombang suara elastis yang tidak terdengar oleh telinga manusia, yang frekuensinya melebihi 20 kHz. Jadi nanti untuk mendengar detak jantung si bayi apakah normal atau tidak dokter kandungan dilengkapi dengan alat yang sudah disediakan tentu saja.

By hary