Pantai Parangtritis, Nikmati Keelokan Pantai Terbaik Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta sebagai salah satunya kota rekreasi paling populer di Indonesia karena jejeran tujuan menariknya. Dimulai dari rekreasi budaya, riwayat, religius, bukit, sampai pantai bisa ditelusuri di kota spesial ini, salah satunya ialah Parangtritis.

Pantai Parangtritis dikenali mempunyai pemandangan romantis dengan situasi magic di selatan Pulau Jawa.

Pantai ini menjadi surga rekreasi untuk wisatawan yang ingin habiskan berliburnya bersama orang tersayang. Cuman memiliki jarak 27 km dari pusat Yogyakarta, Parangtritis harus jadi sisi dari itinerary saat bertandang.

Untuk kesini, kamu dapat sewa transportasi melalui daftartour.com untuk memudahkan perjalanan. Nach, apabila sudah datang di pantainya, berikut beberapa kegiatan membahagiakan yang dapat kamu kerjakan, ya!

Hunting Photo di Pantai Parangtritis

Buat millenials, berlibur belum terkesan jika tidak punyai photo yang bagus untuk terpasang di media sosial, kan? Untunglah jika tiba ke Parangtritis karena pantai ini tawarkan banyak spot untuk berpose.

Tidak seperti pantai umumnya, Parangtritis bukan hanya menyuguhkan pemandangan laut. Kamu dapat jalan-jalan ke sekitaran pantai, yakni ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di sini, kamu akan kagum melihat bentangan pasir yang luas bak padang gurun. Ada juga beberapa bukit disekitaran pantai ini dengan panorama yang tidak kalah menariknya, seperti Bukit Parang Endo dan Tebing Senangwati.

Surfing

ombak di perairan Samudera Hindia dikenali garang, terhitung di Parangtritis. Tetapi, hal tersebut justru jadi rintangan untuk beberapa peselancar untuk mengalahkannya. Jika ingin mencoba gulungan ombak yang tidak biasa, kamu dapat mengetes kekuatan surfing di sini. Tetapi pastikanlah kamu mengusai berenang dan masih tetap bermain di zone aman.

baca : 8 Tempat Rekreasi di Ciwidey Bandung Selatan yang Menarik

Naik Paralayang

Selainnya nikmati daya tarik Parangtritis dari air, pengunjung pantai bisa juga rasakan kesan berlibur dari udara.

Ya, pantai ini sediakan sarana paralayang untuk nikmati keelokannya dari ketinggian 200 mtr. dari permukaan laut. Tentunya kamu tidak sedih dengan pengalaman main paralayang karena pemandangan yang betul-betul menarik.

Main Layang-layang

Rindu main layang-layang waktu seperti muda dahulu? Nach, kamu dapat mengulang-ulang kembali saat-saat kecil itu di pesisir Pantai Parangtritis, lho.

Situasi anginnya memberikan dukungan karena condong kuat dan mempermudah layang-layang untuk terbang tinggi. Berlibur bersama anak dapat makin interaktif dengan pertunjukan permainan ini.

Naik Kuda

Telusuri pantai sekalian berkuda bisa juga pengunjung kerjakan saat ada di Parangtritis. Kuda sewaan itu akan mengubah kamu seakan-akan jadi koboi pantai. Tidak perlu kuatir karena ada pemandu yang hendak membimbing perjalanan sampai ke arah beberapa tebing karang yang eksotik.

baca : Terkenal : 10 Rekreasi Solo untuk Akhir pekan Escape Bersama Keluarga

Naik Bendi

Tidak sekedar berkuda, pengunjung bisa coba pengalaman naik alat transportasi tradisionil Jogja, yakni bendi. Kereta kuda ini akan bawa penumpangnya telusuri pasir pantai ke ujung timur Pantai Parangtritis.

Karena bannya yang lebih kecil daripada kereta kuda yang lain, bendi cuman bisa berisi dua atau 3 orang saja. Tentu saja, situasi akan berasa lebih romantis sekalian dengar debur ombak.

Naik ATV

Jika ingin kegiatan yang sedikit melawan, sewa ATV (All-terrain Vehicle) bisa jadi opsi kegiatan di pesisir pantai ini. Kamu dapat menelusuri pantai dengan kecepatan melejit dalam melewati gundukan-gundukan pasir pantai. Tentunya akan hebat sekali, tetapi seharusnya memakai kacamata hitam membuat perlindungan mata dari cahaya matahari dan debu pasir, ya.

Menunggu Senja Pantai Parangtritis

Sisi paling romantis dari Pantai Parangtritis ialah menunggu senja dengan pacar, rekan, atau keluarga. Pantai ini sebagai salah satunya spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam di ufuk barat.

Sinar jingga keemasan membal di pantai bersatu dengan suara debur ombak yang berkejaran akan membuat peristiwa terbaik.

Memperhatikan Bintang

Tidak boleh segera pulang sesudah melihat panorama sunset di Parangtritis, ya. Malam hari tidak saat itu juga membuat daya tarik pantai ini menjadi sirna. Tenda-tenda kulineran mulai membuka dengan menyuguhkan sajian jagung bakar.

Sambil duduk di atas alas, kamu dapat melahap hidangan itu dengan panorama langit malam bertabur bintang. Tempatnya yang luas jadikan pantai ini benar-benar pas untuk stargazing. Situasi makin syahdu karena nyanyian alam dari serangga dan gelombang ombak yang bersahut-sahutan.

baca juga : liburan ke pulau kelapa

Turut Ritus Larung Sesajen

Nuansa magic di Pantai Parangtritis bisa kamu alami tiap tanggal 1 Sura/Muharam. Warga di tempat akan melangsungkan ritus larung sesajen dengan menghanyutkan sesajen ke laut dengan disertai doa.

Ritus itu sebagai pucuk dari Upacara Labuhan yang kabarnya dipercaya untuk minta keselamatan, ketenangan, dan kesejahteraan keraton dan warga Yogyakarta. Kamu dapat melihat ritus ini agar semakin mengenali tradisi ciri khas Jogja.

Sudah mengetahui, kan, beragam hal bagus yang bisa kamu kerjakan saat bertandang ke Pantai Parangtritis? Walau dikenali mistik karena dipercaya sebagai pintu gerbang ke Kerajaan Nyi Roro Kidul, pantai ini tidak pernah sepi oleh pelancong.

Belum juga, situasi romantis yang susah didapat di tujuan rekreasi pantai yang lain. Yang jelas, tidak ada kata menyesal di kamus berlibur ke Parangtritis.