Pahami! Berikut Beberapa Jenis Sistem Pembelajaran Secara Blended Learning

 

Perkembangan sistem pembelajaran blended learning akhir-akhir ini semakin pesat tidak hanya meningkatkan fleksibilitas dan individualisasi pengalaman belajar pelajar. Namun, juga dapat memungkinkan pengajar untuk mengefektifkan waktu yang mereka habiskan sebagai fasilitator pembelajaran. Sistem pembelajaran ini memiliki jenis yang berbeda-beda.

Jenis Pembelajaran Penggabungan Online dan Offline

1. Station Rotation

Station-Rotation adalah penggabungan tiga spot dalam satu jam tatap muka dibagi menjadi tiga. Misalnya satu tatap muka terdiri dari 90 menit, maka waktu 90 menit itu dibagi 3 waktu untuk masing-masing tahapan spot yang berbeda yaitu 30 menit. Ketiga spot tersebut terdiri atas online instruction, Teacher-led instruction, serta Collaborative activities and stations.

2. Lab Rotation

Jenis Pembelajaran blended learning selanjutnya adalah Model Lab Rotation. Jenis pembelajaran ini mirip dengan Station Rotation, yaitu memungkinkan pelajar memiliki kesempatan untuk memutar stasiun atau spot melalui jadwal yang telah ditetapkan.

Tetapi ini dilakukan menggunakan laboratorium komputer khusus yang memungkinkan dilakukan pengaturan jadwal yang fleksibel dengan guru. Dengan hal tersebut diperlukan laboratorium komputer.

3. Flex

Flex juga termasuk dalam jenis model Blended Learning dimana pembelajaran online merupakan inti atau tulang punggung pembelajaran bagi siswa. Namun masih didukung oleh aktivitas pembelajaran offline. Siswa melanjutkan pembelajaran yang dimulai di dalam kelas nyata dengan jadwal yang fleksibel yang sudah disesuaikan secara individual.

Sebagian besar siswa tetap belajar di sekolah, kecuali untuk pekerjaan rumah. Guru memberikan dukungan pembelajaran tatap muka secara fleksibel serta adaptif sesuai kebutuhan melalui kegiatan seperti pengajaran kelompok kecil, proyek kelompok, dan bimbingan pribadi.

4. The Flipped Classroom

Flipped Classroom ini dimulai dari pembelajaran siswa yang dilakukan secara online di luar kelas atau di rumah dengan konten-konten yang sudah disediakan. Setelah melakukan proses pembelajaran online di luar kelas maka siswa kemudian memperdalam serta berlatih memecahkan soal-soal di sekolah bersama guru atau teman kelas.

Dengan demikian dapat dianggap bahwa peran pembelajaran secara offline atau tradisional di kelas menjadi “terbalik”. Pada umumnya pembelajaran ini masih mempertahankan format pembelajaran tradisional namun dijalankan dengan konteks yang lebih baru.

5. Individual Rotation

Model Individual Rotation dapat memungkinkan siswa untuk memutar melalui stasiun-stasiun. Namun, sesuai jadwal individu yang ditetapkan oleh guru atau oleh algoritma perangkat lunak. Tidak seperti model rotasi lainnya, siswa tidak perlu berputar ke tiap stasiun mereka hanya berputar ke aktivitas yang dijadwalkan pada daftar putar mereka.

Nah, Demikianlah beberapa jenis sistem pembelajaran penggabungan antara online dan offline atau campuran. Ketika ingin mendaftar sekolah yang sudah menerapkan sistem pembelajaran campuran yaitu Sekolah Murid Merdeka. Selain itu tenaga pengajar disini juga berkualitas. Yuk segera daftarkan putra-putri kesayangan anda di Sekolah Murid Merdeka