Mesin Jilid Buku

Mesin binding buku atau lebih mudahnya di sebut mesin jilid buku adalah mesin yang biasanya digunakan untuk menjilid buku secara otomatis menggunakan lem panas. Semakin berkembangnya teknologi ada banyak variasi mesin jilid buku yang tersedia di pasar dengan harga serta fitur yang bermacam-macam.

Merk mesin jilid lem panas yang familiar di Indonesia itu ada Origin, Promaxi dan Gemet. Dan untuk jenisnya selain Lem Panas juga terdapat mesin jilid buku Spiral. Untuk yang masih asing dengan teknik spiral ini bisa di tembukan pada buku diary serta dokumen kantor pemerintahan. Yang mana pada dokumen di lubangi lalu diselipkan spiral melalui lubang yang sudah dibuat.

Sebelum memutuskan membeli mesin jilid buku ada beberapa yang perlu di bertimbangkan. Misalnya berapa maksimal ketebalan jilid buku yang mampu dikerjakan, kecepatan waktu menjilid, ukuran kertas yang bisa dijilid hingga kebutuhan listrik berapa watt juga harus di pertimbangkan.

Mesin Jilid Buku Terbaik Tahun 2021

  1. Hardcover FOLIO

Mesin Jilid yang bermek HARIZO ini menjadi mesin jilid lem panas yang konon katanya menjadi primadona di kalangan bisnis penerbit, fotokopi hingga percetakan. Alasan kenapa merk HARIZO ini begitu diburu dipembisnis adalah dengan waktu 30 detik sudah mampu menjilid satu buku tebal. Dengan waktu 1jam sudah mampu mejilid sampai 180 buku. Dengan harga mulai dari Rp9,000,000 sayangnya mesin ini masih semiotomatis.

  1. Mesin Glue Binding Telson 320C & Telson 320E

Kedua mesin ini bisa dibilang salah satu mesin jilid sultan, karena harga yang ditawarkan mulai dari Rp40,000,000 – Rp70,000,000. Bahkan dibeberapa toko mesin ini kondisi sold out untuk mendapatkannya harus pesan terlebih dahulu satu bulan kemudian baru terima mesin.

Dengan ketebalan buku 500 lembar mesin jilid lem panas ini mampu menjilid tidak sampai 5 menit. Mesin Glue Binding Telson 320C & Telson 320E ini membutuhkan watt hanya 700Watt tapi  untuk beratnya gak main-main sekitar 200kg. Dalam waktu satu jam mesin ini mampu menyelesaikan 280 buku dengan perbuku tebalnya 500 lembar.

Kelebihan lainnya dari tipe ini adalah dengan ukuran kertas A4 mampu bekerja max diketebalan buku hingga 5cm. Panjang maksimal 32cm dan dengan mesin ini hemat SDM yang otomatis hemat bayar gaji serta proses menjilid jauh lebih cepat.

  1. Mesin Modul Rel Buku

Mesin Jilid Lem Panas lainnya yang jadi rekomendasi saya adalah model rel buku yang mampu bekerja di ketebalan 5cm dengan waktu kurang 1 menit. Mesin ini biasa digunakan oleh kalangan pengusaha yang baru merintis, mengingatnya harganya harga Rp4,000,000 lebih murah Rp5,000,000 jika harus dibandingkan dengan merk Hardcover FOLIO. Tidak hanya untuk menjilid buku tapi mesin ini banyak digunakan untuk skripsi dan album.

Power yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin ini hanya 240V dengan berat 19kg tentunya tidak membutuhkan daya serta tempat yang besar agar bisa menggunakan mesin ini.

Itulah 3 rekomendasi mesin jilid lem panas yang bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin membeli mesin jilid sesuai dompet serta kebutuhan. Semoga bermanfaat!

By hary