Mengecek Status Baterai Laptop Windows

Pernahkah Anda mulai benar-benar terganggu bersama dengan konsumsi baterai ponsel yang benar-benar cepat?

Dengan kemajuan teknologi yang termasuk tidak kalah pesat, kini ada banyak hal untuk menyelesaikan masalah tersebut, mulai membesarkan kapasitas baterai, sediakan power bank, hingga kini kami tiba pada satu penemuan lain yang jauh lebih ringkas dan canggih.

Sebagai perangkat portable, laptop mengandalkan baterai sebagai media penyimpanan listrik untuk sumber daya. Kapasitas baterai laptop pun berbeda-beda cocok bersama dengan jenisnya.

Layaknya perangkat elektronik lain, laptop termasuk seringkali berkutat bersama dengan masalah baterai. Baterai sejatinya punyai jaman gunakan yang seiring berjalannya pas dapat merubah kinerja dari baterai itu sendiri.

Tentu, hal ini bergantung pada siklus penggunaan perangkat. Semakin tinggi intensitas pemakaian, maka semakin cepat baterai Anda raih batas yang ditentukan.

Oleh karena itu, mutlak bagi Anda pengguna Windows 10 untuk sadar cara mengecek keadaan kebugaran baterai agar dapat jalankan cara preventif andaikan ada indikasi kerusakan.

Lantas, bagaimana cara mengecek status baterai perangkat laptop berbasis Windows tanpa aplikasi tambahn? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum mediasari.com dari berbagai sumber.

Cara Cek Baterai

Pertama, menentukan program “Command Prompt” bersama dengan cara mengakses menu Start selanjutnya ketik “CMD” di kolom Search.

Setelah muncul, klik Open untuk untuk menggerakkan program “Command Prompt” didalam mode administrator.

Kemudian akan terlihat jendela program bersama dengan latar belakang hitam layaknya di bawah ini.

Ketik “powercfg/batteryreport” sebagai perintah sambungan selanjutnya tekan Enter.

Perintah itu akan menampilkan link (HTML) layaknya ini “C:\WINDOWS\system32\battery-report.html”

Selanjutnya, buka situs browser selanjutnya masukan link tersebut “C:\WINDOWS\system32\battery-report.html” dan tekan Enter.

Kemudian akan terlihat halaman “Battery Life Estimates” dan beberapa Info lainnya layaknya “Design Capacity”, “Full Charge”, dan “Connected Stand By”.

Di sana Anda dapat mendapatkan deskripsi berkenaan berapa lama laptop akan bertahan pada keadaan penuh bergantung bersama dengan kapasitasnya pas ini.

Pada kolom “Battery Usage”, Anda dapat menyaksikan riwayat penggunaan baterai tahan lama serta durasi pengisian daya yang dihabiskan pada hari-hari sebelumnya.

Terakhir, di bagian “Recent Usage” terkandung info yang menampilkan kapasitas penggunaan baterai bersama dengan durasi yang sesuai secara real-time.

Dengan rincian Info tersebut, Anda dapat sadar apakah baterai laptop masih layak dipakai atau sudah mengalami penurunan performa secara drastis.