Mengapa Lansia Mudah Kenyang Dan Sulit Makan?

Apakah ada lansia yang tinggal bersama anda? Dalam merawat lansia, mungkin anda sedikit kerepotan dan bingung harus seperti apa. Berbeda dengan anak, lansia cenderung mudah sekali stress, bosan, sakit dan konsumsi makannya tidak bisa seenaknya. Bahkan beberapa lansia dalam berjalan butuh bantuan dan ditemani.

Dalam merawat lansia, memang anda perlu menyediakan hunian yang layak dan ramah untuk kebutuhan lansia sendiri. Misalnya saja rumah anda minim tangga atau lansia ditempatkan di daerah yang mempermudah mereka menjangkau keseluruhan ruangan dengan baik. Anda juga bisa menggunakan lantai yang tidak licin sehingga memudahkan mobilitas lansia dalam bergerak.

Selain memperhatikan area mobilitas lansia, anda juga penting memikirkan asupan untuk lansia. Pada masa lansia, mereka cenderung untuk malas mengkonsumsi makanan dan membatasi konsumsi makanannya. Sebab itu, banyak lansia yang cenderung terkena malnutrisi karena mengonsumsi makanan yang terbilang sedikit dibandingkan seharusnya. Kondisi ini akan memperburuk keadaan lansia.

Apa saja sih penyebab lansia malas mengkonsumsi makanan pada usia mereka?

o   Penurunan saraf perasa dalam mulut

Dalam menjalani usia senjanya, lansia cenderung mengalami penurunan fungsi perasa dalam mulutnya. Hal ini disebabkan menurunnya jumlah sel dalam tubuh lansia selama menjalani masa tuanya. Saraf pengecap pada lansia sendiri hanya mampu merasakan rasa hambar. Sebab itu penting bagi lansia untuk mengkonsumsi susu penambah berat badan untuk orang tua secara berkala untuk menjaga massa tubuh mereka.

o   Penurunan proses metabolisme dalam tubuh

Sejumlah sel dalam organ lansia akan mengalami pengurangan seiring berjalannya usia. Hal ini menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh lansia melambat. Karena metabolisme dalam tubuh lansia yang berjalan pelan, lansia cenderung untuk mudah sekali kenyang dalam jangka waktu lama. Dalam mendukung asupan nutrisi, susu penambah berat badan untuk orang tua yang kaya whey protein bisa menjadi alternative memberikan dukungan energi untuk lansia.

o   Perubahan hormonal pada lansia

Hormon dalam tubuh lansia cenderung fluktuatif. Hal ini menyebabkan lansia mudah sekali mengalami mood swing dan suka sekali memilah makanan. Faktor hormonal pada lansia bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral. Pemberian susu penambah berat badan untuk orang tua kaya nutrisi juga bisa menjadi opsi tepat dalam menjaga hormonal lansia.

o   Menu yang diinginkan kurang sesuai dengan selera

Dalam menyediakan makanan, anda perlu mempertimbangkan preferensi makanan kesukaan lansia. Tambahkan menu makanan tersebut dalam set menu makanan anda untuk bisa dikonsumsi oleh lansia. Biasanya lansia cenderung malas makan bila jenis menu makanannya tidak sesuai dengan aslinya. Pemberian susu penambah berat badan untuk orang tua juga bisa dipertimbangkan untuk menunjang energi dan nutrisi dalam lansia karena pemilihnya tersebut. Sebab itu, penting memberi lansia makanan sesuai.

By hary