Memahami Istilah Dari Kata Bot Trade yang Sedang Populer Saat Ini

Pada zaman sekarang begitu pesat perkembangan saat ini, contohnya sekarang sedang marak – maraknya pengguna aplikasi trade atau yang bisa kenal dengan nama trading yaitu menggunakan bot trade (robot trading). Karena bagi pemula untuk berinvestor menggunakan bot ini memudahkan  banyak penghasilan dengan cara cepat dan mudah, sehingga banyak keuntungan yang di dapat.

Namun bukan berarti bot tersebut banyak keuntungan namun ada juga kerugian / kelemahan dari aplikasi bot tersebut. Tetapi jangan salah, robot trader juga ternyata banyak di gunakan untuk penipuan investasi dan sekarang menjadi modus baru dari investasi bodong maka dari itu harus lebih waspada.

 

Apa Itu Bot Trade?

Bot trade/ robot trading adalah suatu sistem untuk menjalankan saham secara otomatis menggunakan suatu algoritma  sehingga tidak repot untuk memantau pasar saham. Pasalnya, robot trading juga banyak kerugian apalagi jika seseorang memanfaatkan robot trading illegal.sehingga BAPPEBTI (badan pengawasan perdagangan berjangka komoditi) menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan jangan mudah tergiur dari janji yang ditawarkan oleh investasi bodong.

Kepala biro pembinaan menjelaskan bahwa robot trading adalah sebuah software pada komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitoring pasar, kalkulasi peluang entry serta memanajemen resiko berdasarkan algoritmatnya. Kepala biro juga menekankan, bahwa robot trading ini tidak bisa bekerja sendirian tanpa adanya user. Sehingga banyak di butuhkan pengetahuan tentang penggunaan robot trading itu sendiri.

Walaupun dapat bekerja secara otomatis, robot trader juga harus di memonitoring karena sering akan gangguan teknis terjadi sewaktu waktu, baik itu dari faktor internal atau eksternal.Begitu juga kata Ditjen Aptika Kemenkominfo Anthonius Malau menekan praktik penggunaan robot trader harus di dasari perizinan alias legalitas dan terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

“ Ini bertujuan agar sistem transaki elektronik yang handal, aman, terpercaya dan bertanggung jawab sehingga mengurangi minimnya resiko transaksi bodong “ ungkapnya. Jadi kesimpulannya bot trade / robot trading adalah suatu sistem transaksi saham secara otomatis namun robot tersebut tidak dapat bekerja sendirian harus di monitoring oleh user Sehingga harus banyak pengetahuan menggunakan robot trader tersebut.

Walapun banyak kemudahan atau keuntungan dari robot trader ini tetapi memiliki resiko kerugian yang tinggi, tanpa disadari sekarang banyak memanfaatkan investasi robot trader ilegal.