tanaman pahit

Makanan yang pahit selalu mempunyai khasaiat – Kebanyak dari orang lebih menyukai makanan dengan rasa yang manis, mulai dari cake, minuman, jus dan lainya. Namun tahukah kamu makanan dan minuman manis bisa memicu rasa lapar kembali, dan jika diteruskan lama-kelamaan bisa menimbulkan penyakit diabetes dan obesitas.

Akan tetapi tidak pada makanan yang mempunyai rasa pahit. Dilansir dari laman Huffington Post, Guido Masé, bahwa tidak seluruh makanan yang mempunyai pahit itu tidak baik untuk kesehatan.

Disisi lain rasa pahit makanan bisa memberi dampak yang positif untuk kesehatan misalnya memperbaiki kerja hati dalam menghasilkan empedu, mengendalikan nafsu makan, melancarkan sistem pencernaan. Dan tanpa kamu sadari pahit bisa menjadi obat pencegah risiko penyakit kanker, diabetes dan jantung.

Berikut beberapa makanan yang mempunyai rasa pahit yang bisa kamu cobat dirumah.

1. Buah Pare

Buah pare mendengar namanya pasti langsung terbesit buah dengan rasa pahit. Ya, pare memang lebih dikenal sebagai buah atau sayuran dengan rasa pahitnya.

Pare merupakan buah yang menyehatkan karena terdapat banyak antioksidan didalamnya. Dan hal inilah pare dipercaya dapat mencegah paparan radikal bebas serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Pare juga diketahui memiliki zat fitokimia, diantaranya berupa polifenol, triterpenoid dan flavonoid, yang mempunyai kemampuan dalam memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca juga : Tanaman pahit bisa sembuhkan demam

2. Kulit buah jeruk

Jika di kasih jeruk pastinya yang kita makan adalah bagian dalam buahnya dan bukan kulitnya, hal ini karena kulit jeruk mempunyai rasa yang pahit.

Namun tahukah kamu bagian kulit jeruk dan selaput putih tipis pada kulitnya justru mempunyai manfaat untuk kesehatan, hal ini dikarenakan bagian tersebut terdapat kandungan antioksidan flavonoid di dalamnya.

Seperti yang telah disebutykan bahwa antioksidan penting dibutuhkan guna memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Untuk mengkonsumsinya tidak perlu ribet, selaput putih pada kulit jeruk bisa kamu konsumsi secara langsung bersamaan dengan daging buanhya, sedangkan kulit jeruknya bisa kamu konsumsi dalam bentuk rebusan ( air rebusa ).

3. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous merupakan jenis sayu-sayuran dari jenis kembang kol, pakcoy, brokoli, kol, lobak, dan sawi hijau. Meski sayur satu ini masih banyak disukai, namun ada juga yang engan mengkonsumsinya, dikarenakan ada beberapa jenis sayur sawi-sawian yang mempunyai rasa pahit.

Hal ini karena sayuran tersebut memiliki kandungan zat glucosinolates yang menimbulkan rasa pahit pada tanaman. Akan tetapi hal ini justru penyumbang banyak manfaat untuk kesehatan.

Disamping itu, sayur jenis cruciferous juga memiliki banyak fitonutrien yakni antioksidan dari kelompok flavonoid, carotenoid, dan sulforaphane.

Semua kandungan senyawa tersebut akan berguna dalam menjaga kesehatan, terutama dalam meningkatkan kinerja organ hati dalam menetralkan racun, mengurangi dampak negatif dari zat karsinogen berbahaya dan zat kimia di dalam tubuh.

Nah itulah contoh makanan dengan rasa pahit yang mempunyai khasiat. Sebenarnya masih ada banyak lagi tanaman yang mempunyai rasa pahit, contohnya seperti daun pepaya, brotowali, sambiloto dan lainya.

Sumber : healty99.com

By laurel