Makanan-Makanan Berikut Memiliki Kandungan Kalsium Yang Tinggi, Cocok Sebagai Pengganti Susu

20 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Baik untuk Tulang dan Gigi -  Qoala Indonesia

Makanan dengan banyak kandungan kalsium dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjaga kepadatan gigi dan tulang kita, kalsium itu sendiri merupakan mineral penting yang dibutuhkan berapa pun itu usia seseorang. Memenuhi kebutuhan kalsium bisa dengan berbagai macam cara, seperti meminum susu misal yang menjadi cara mudah memenuhi asupan kalsium, tapi tak semua orang suka produk susu beserta olahannya.

Cara lainnya yaitu dengan konsumsi berbagai macam makanan tinggi kalsium seperti beberapa makanan di bawah ini.

Ikan teri

Salah satunya adalah ikan teri, ikan teri ini memiliki kandungan kalsium sangat tinggi bahkan, karena ikan teri dikonsumsi bersama dengan tulangnya, beda dengan jenis ikan lainnya. Dengan ikan teri 100 gr, memiliki kandungan kalsium 232 mg.

Bukan hanya kalsium saja, ikan teri juga kaya akan kandungan baik lainnya seperti protein, zat besi, lemak, dan juga kalium. Apa lagi ikan teri bisa dijadikan masakan yang melezatkan untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

Ikan tongkol

Selain ikan teri, ada juga ikan tongkol yang sering dijadikan masakan sehari-hari, ikan tongkol dalam porsi 150 gram setara dengan kalsium sebanyak 15 hingga 20 mg. Bukan hanya itu saja, ikan tongkol memiliki beragam macam jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mulai dari protein, kalium, lemak, zinc, dan zat besi terdapat pada ikan tongkol. Biasanya ikan tongkol dijadikan masakan balado yang pastinya sangat lezat.

 

Sayur bayam

Banyak orang yang sering mengkonsumsi sayuran satu ini, biasanya sayur bayam ini dijadikan masakan sayur bening yang segar. Bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dengan porsi 100 gram, sayur bayam memiliki kalsium 150 mg.

Umumnya sayur bayam memang diolah menjadi masakan sayuran bening yang dikombinasikan bersama jagung. Tetapi sayur bayam bisa juga diolah menjadi masakan lain bahkan bisa dijadikan keripik bayam juga.

Sebaiknya masukan sayur bayam ke dalam menu makanan harian anda. Bayam bisa menjadi makanan tepat untuk para ibu hamil, sayuran hijau ini mengandung juga vitamin lain penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti asam folat.

 

Ikan salmon

Di dalam ikan salmon ini terdapat nutrisi vitamin D dan kalsium. Dalam ikan salmon ini terdapat kurang lebih kalsium sebanyak 40 mg. Kalau kamu konsumsi ikan salmon sebanyak 2,5 ons kaleng, maka sama dengan konsumsi kurang lebih 180 mg.

Vitamin D pada ikan salmon bisa meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Konsumsi salmon juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker karena terdapat kandungan baik omega-3 pada ikan salmon ini.

 

Ikan sarden

Rasanya ikan sarden juga termasuk jenis ikan yang sering dihadirkan sebagai masakan sehari-hari keluarga, kabar baiknya ikan sarden merupakan makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi.

Tak hanya kalsium saja, sarden juga memiliki kandungan omega 3 dan protein yang bagus untuk menunjang kesehatan otak, jantung, dan kulit. Agar bisa memenuhi kebutuhan akan kalsium harian, maka kamu bisa coba menambahkan sarden ini ke dalam menu asupan harian.

Tulang lunak ikan sarden memiliki kalsium yang tinggi, maka dari itu lebih baik jangan ;langsung membuang tulang ikan sarden tersebut.

 

Sayur selada

Ada lagi sayuran yang mempunyai kandungan kalsium yang banyak yaitu sayur selada. Dengan porsi100 gram sayur selada, terdapat kandungan kalsium sebanyak 36 mg. Di samping itu, ada nutrisi penting lain yang bisa didapat dari sayur selada yaitu magnesium, folat, kalium, dan juga tentunya vitamin C, dengan nutrisi tersebut, sayur selada dapat membantu menyehatkan jantung.

 

Edamame

Akhir-akhir ini edamame semakin dilirik banyak orang, edamame juga termasuk makanan yang kandungan kalsiumnya tinggi. Edamame ini merupakan sumber dari protein, dan zat besi selain sumber kalsium. Dengan berbagai nutrisi baik dari edamame, makanan ini mempunyai manfaat baik untuk menjaga tulang tetap sehat.

 

Kacang almond

Jenis kacang yang satu ini sangat lezat dan sering menjadi tambahan untuk desert. Kacang almond adalah makanan dengan kalsium tinggi dan cocok untuk pertumbuhan. Almond ini sendiri biasanya sering dikombinasikan bersama cokelat. Dengan 20 kacang almond, maka memiliki kandungan kalsium sebanyak 75 mg.

 

Biji wijen

Memang ukuran biji wijen ini sangat kecil, berbeda dengan beberapa makanan sebelumnya di atas. Tetapi ternyata biji wijen merupakan makanan yang punya kalsium tinggi. Biji wijen ini sendiri biasanya dihidangkan untuk melengkapi kue atau roti. Dengan sesendok makan biji wijen saja memiliki kandungan kalsium sebanyak160 mg.

 

Kacang kedelai

Lalu yang terakhir ada kacang kedelai, dengan 100 gram atau seporsi kacang kedelai, mampu menyediakan kalsium sebanyak 100 mg. Di samping itu, kandungan baik kacang kedelai lainnya adalah antioksidan isoflavon, magnesium, vitamin B1, folat, selenium, vitamin C, lemak baik dan zinc.