Makanan Bayi 6 Bulan Untuk Mengembangkan Otak Anak

MPASI atau yang dikenal dengan makanan pendamping ASI merupakan sebuah makanan sederhana yang diberikan kepada bayi. Makanan ini merupakan makanan yang mudah dicerna dan juga kaya akan nilai nutrisi. MPASI biasanya dikenalkan kepada bayi pada usia 6 bulan. Dimana makanan ini menjadi pendamping asupan ASI yang diberikan kepada bayi. Pemberian MPASI ditujukan untuk mengenalkan bayi kepada bahan makan yang nantinya akan dikonsumsi setelah lepas ASI.

Pada 6 bulan pertama kehidupan bayi, banyak sekali kegiatan dan  juga beragam kegiatan bayi terjadi. Dimulai dengan kondisi bayi yang ramping dan hanya di gendong saja, pada usia 6 bulan bayi mulai dapat mengangkat kepala mereka sendiri. Usia ini, bayi akan dapat tengkurap. Ukuran panjang dan berat bayi akan bertambah dari awal kelahiran mereka. Sebab itu, kegiatan memberi nutrisi yang tepat untuk perkembangan bayi menjadi penting melalui makanan bayi 6 bulan.

Makanan bayi 6 bulan merupakan makanan sederhana yang diberikan kepada bayi. Biasanya makanan yang diberikan berupa bubur halus yang mudah dicerna. Bahkan beberapa bahan makanan yang diberikan juga terbatas. Sehingga bayi akan dilatih untuk mencerna dan juga menerima nutrisi dari luar. Hal tersebut dikenalkan secara perlahan kepada bayi semasa mereka tumbuh.

Makanan bayi 6 bulan memang sangat beragam. Bahkan beberapa makanan disarankan diberikan kepada bayi selama masa pertumbuhannya untuk mendukung kecerdasan otak mereka. Makanan bayi 6 bulan yang baik dikonsumsi dan mendukung perkembangan bayi salah satunya adalah buah beri. Buah ini mengandung beragam kebaikan untuk menstimulasi otak anak. Buah ini disajikan dalam bentuk bubur halus dari 100% buah beri asli.

Buah beri yang menjadi makanan bayi 6 bulan merupakan buah organic. Dimana buah tidak disemprot pestisida demi keamanan bayi. Buah yang dicampurkan menjadi bubur bayi bersama buah beri juga diusahakan tidak mengandung pestisida. Dalam membuat bubur buah, ragam buah yang akan diberikan dapat dimasukkan kulkas terlebih dahulu. Sehingga esoknya dapat dibuatkan bubur buah untuk dikonsumsi anak.

Makanan bayi 6 bulan lainnya adalah salmon. Makanan ini kaya akan omega 3 yang mendukung kecerdasan anak. Membuat bubur bayi dari salmon sangat mudah. Salmon dapat dimasak dahulu hingga matang, bisa dalam bentuk kukus. Selanjutnya salmon bersama air atau susu formula diblender bersama menjadi bubur bayi.

Makanan bayi 6 bulan lain yang baik adalah daging. Kandungan kolesterol daging dapat mendukung perkembangan otak anak selama masa pertumbuhannya. Daging dikukus hingga matang dengan ukurang 2 sendok makan. Selanjutnya daging dihaluskan bersama dengan kaldu daging. Makanan bayi 6 bulan ini dapat diberikan sebanyak dua kali sehari selama masa MPASI bayi berlangsung.