Pemakaian sagu sebagai material dasar makanan sekarang telah banyak digunakan oleh khalayak luas. Terutamanya dalam pembuatan beragam tipe olahan makanan kulineran sebagai keunikan dibeberapa wilayah di Indonesia.

Nikmat sajian berita terhangat dan terupdate hanya di Berita Ambon.

Awalnya, tumbuhan bernama latin Metroxylon sagu Rottb ini cuman dikenali sebagai tipe makanan dasar di sejumlah wilayah terutamanya warga yang tinggal di wilayah sisi timur Indonesia yakni wilayah Papua dan wilayah Maluku yang mempunyai tumbuhan sagu lumayan luas.

Tetapi, bersamaan perubahan jaman banyak riset memperlihatkan jika tumbuhan sagu mempunyai karbohidrat yang lumayan banyak. Bahkan juga dapat dibuat jadi tepung.

Makan Olahan Sagu

Jika tepung sagu sebagai olahan yang didapat dari pemrosesan teras tangkai rumbia atau pohon sagu. Yang mana, karakter fisik dari tepung itu benar-benar serupa dengan tepung tapioka.

Oleh karena itu, berikut beberapa macam kulineran yang memakai tepung sagu dalalam olahanya salah satunya:

1. Bubur Sagu

Bubur Sagu sebagai makanan sebagai keunikan dari wilayah Ambon dan Papua. Di mana dalam penyuguhannya diolah dengan wewangian daun pandan yang selanjutnya dipertambah gula merah. Plus tambahan santan sebagai hidangan kuahnya sendiri.

2. Gula sagu

Gula sagu termasuk juga makanan ciri khas warga Ambon. Yang memiliki bentuk serupa sekali dengan kue rangin. Di mana untuk mengolahnya sendiri benar-benar simpel cukup hanya dipanggang di atas arang. Hingga kulineran satu ini mempunyai rasa yang begitu nikmat apalagi dengan siraman gula aren.

3. Ongol-ongol Sagu

Berpindah ke makanan ciri khas warga Jawa Barat. Ongol-ongol Sagu sebagai makanan buatan yang dengan bahan dasar tepung sagu, yang selanjutnya dikasih kombinasi air, gula jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Di mana kombinasi dari beberapa bahan itu akan memberinya rasa renyah dan nyaman untuk dimakan.

4. Mi Sagu

Mi sagu sebagai mi yang dibuat langsung dari tepung Sagu. Yang mana, dalam olahan kulineran tradisionil sagu sering dijadikan bahan pembuatan beragam tipe mi tentu saja dengan beberapa faedah dan kandungan juga.

5. Nugget

Pemakaian tepung sagu dapat digunakan untuk tipe makanan modern sperti sosis, bakso, nugget dan lain-lain. Tentu saja dengan kombinasi tepung sagu dengan beragam tipe daging atau ikan.

By arief