ASAM AMINO adalah bahan penyusun tubuh. Selain membangun sel dan memperbaiki jaringan, mereka membentuk antibodi untuk melawan serangan bakteri & virus; mereka adalah bagian dari enzim & sistem hormonal; mereka membangun nukleoprotein (RNA & DNA); mereka membawa oksigen ke seluruh tubuh dan berpartisipasi dalam aktivitas otot. Ketika protein dipecah oleh pencernaan, hasilnya adalah 22 asam amino yang diketahui.

Sebagai pembangun protein, asam amino sangat penting untuk kesehatan. Selain air, asam amino dalam bentuk protein merupakan bagian terbesar dari berat tubuh kita. Mereka terdiri dari tendon, otot, dan ligamen; organ dan kelenjar; rambut dan kuku; cairan tubuh yang penting, dan merupakan bagian penting dari setiap sel dalam tubuh.

Ada lebih dari 20 asam amino, dipisahkan menjadi dua kategori – esensial dan non-esensial. Asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda, oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkannya dari makanan Anda. Asam amino non-esensial dapat diproduksi oleh tubuh Anda, namun, tubuh Anda harus memiliki kombinasi yang tepat antara asam amino esensial dan nutrisi pendukung untuk mengoptimalkan pemeliharaan protein yang sehat, sehingga suplementasi mungkin diperlukan. Dua puluh asam amino dibutuhkan untuk membangun berbagai protein yang digunakan dalam pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh. Sebelas asam amino ini dapat dibuat oleh tubuh sendiri, sedangkan sembilan lainnya (disebut asam amino esensial) harus berasal dari makanan. Asam amino esensial adalah isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Asam amino lain, histidin, dianggap semi-esensial karena tubuh tidak selalu membutuhkan sumber makanannya. Asam amino nonesensial adalah arginin, alanin, asparagin, asam aspartat, sistein, glutamin, asam glutamat, glisin, prolin, serin, dan tirosin. Asam amino lain, seperti karnitin, digunakan oleh tubuh dengan cara selain pembentukan protein dan sering digunakan sebagai terapi.

Siapa yang mungkin kurang?
Diet, beberapa pembangun tubuh vegetarian yang ketat, dan siapa pun yang mengonsumsi jumlah kalori yang tidak mencukupi mungkin tidak mengonsumsi asam amino dalam jumlah yang memadai. Dalam kasus ini, tubuh akan memecah protein di jaringan otot dan menggunakan asam amino tersebut untuk memenuhi kebutuhan organ yang lebih penting atau tidak akan membangun lebih banyak massa otot meskipun latihan meningkat.

Asam amino tidak hanya sangat penting bagi kehidupan, tetapi juga dapat berdampak besar pada seberapa jernih kita berpikir dan seberapa baik perasaan kita.

Manfaat
• membangun sel dan memperbaiki jaringan
• membantu penyembuhan luka
• meningkatkan kinerja atletik