Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah suatu kalimat yang ditulis dengan menyesuaikan kaidah EYD sehingga penulisannya lebih rapi, terstruktur, dan juga menghindari kesalahan penulisan tanda baca dan juga huruf maupun kata. Dengan memahami ciri-ciri kalimat efektif akan lebih mudah menulis kalimat yang baik.

Ciri-ciri Kalimat Efektif

Setiap jenis kalimat memiliki karakteristiknya masing-masing yang harus dipenuhi termasuk yaitu kalimat efektif. Berikut ciri-ciri dari kalimat efektif:

  1. Kata yang hemat

Kalimat efektif hanya menggunakan kata-kata yang penting yang memang wajib dimasukkan. Kalimat efektif tidak menggunakan kata-kata atau frasa yang tidak penting untuk menghindari kata-kata yang boros dalam suatu kalimat. Dalam membuat kata-kata yang hemat, hindari penulisan unsur yang sama pada kalimat majemuk, menghindari kesinoniman dalam kalimat, dan menghindari penjamakan kata pada kata jamak.

  1. Kecermatan

Kecermatan yang dimaksud di sini adalah tepat dan cermat dalam pemilihan kata-kata agar tidak memberikan arti kalimat yang rancu dan timbulnya makna ganda.

  1. Kesepadanan struktur

Kesepadanan maksudnya adalah keseimbangan antara pemikiran atau gagasan yang sesuai dengan struktur yang digunakan dalam suatu kalimat. Struktur ini ditunjukkan pada kesatuan pikiran atau gagasan. Kalimat yang memiliki kesepadanan struktur umumnya memiliki subjek dan predikat yang jelas dan tidak memiliki subjek ganda dalam kalimat tunggal.

  1. Kelogisan

Dalam ulasan daftarpustaka.org kelogisan maksudnya adalah bahwa suatu kalimat disusun dengan baik berdasarkan kaidah EYD agar bisa diterima dan dimengerti oleh pembaca agar tujuan komunikatif kalimat bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca atau pendengar.

  1. Kepararelan bentuk

Ini maksudnya kalimat efektif memiliki kesamaan bentuk dalam kata misalnya kata pertama merupakana verba sama juga dengan kata berikutnya, apabila nomina maka diikuti dengan nomina, dan berikutnya.

  1. Kepaduan

Kalimat efektif menyampaikan kalimat yang terpadu sehingga informasinya tidak terpecah-pecah dan mudah dirangkai dengan baik oleh pembaca.

  1. Ketegasan

Kalimat efektif harus bisa memberikan penegasan pada ide pokok yang ingin disampaikan dalam kalimat tersebut. Ciri-ciri kalimat efektif memiliki kata kunci di depan kalimat serta kata-kata juga diurutkan secara bertahap.

By hary