Cara Mudah Membedakan Berlian Asli atau Palsu

Perhiasan berlian menjadi salah satu perhiasan yang memiliki banyak tiruan, artikel ini akan mengulas tentang cara mudah membedakan kalung berlian emas putih asli atau palsu. Kira-kira apa saja bedanya? Simak baik-baik ya.

Kalung Berlian Emas Putih Asli vs Palsu

Cara Mudah Membedakan Berlian Asli atau Palsu

Saat melihat kilauan perhiasan berlian, pasti tak ada seorangpun yang tidak ingin memilikinya. Pasti setiap orang ingin memiliki batu paling berharga di dunia ini. Karena harganya yang lebih mahal dibanding perhiasan lain, maka semakin banyak tiruannya.

Untuk mendapatkan berlian asli, Kamu cukup membelinya di The Palace Jeweler. Selain keasliannya terjamin, harga dan produknya pun beraneka ragam. Tapi, jika Kamu masih ragu, berikut cara mudah membedakan berlian asli vs palsu:

  1. Berlian asli tidak tergores

Berlian merupakan jenis batu alam yang paling keras, dan yang bisa menggoresnya hanya berlian lain itu sendiri. Jadi, jika Kamu membeli berlian dan jika digosok dengan amplas menjadi tergores, dapat dipastikan itu bukan berlian asli.

  1. Uji embun

Untuk memastikan berlian yang Kamu beli asli atau pulsa, Kamu bisa melakukan fog test atau uji embun. Berlian asli tidak akan menghasilkan embun jika ditiupkan nafas pada permukaannya, sekalipun berembun, akan hilang sangat cepat. Berbeda dengan berlian palsu, yang akan meninggalkan bekas embun dalam waktu yang lebih lama.

  1. Uji bayangan

Berlian asli akan memantulkan bayangan berwarna putih atau abu-abu. Namun, jika berlianmu memantulkan bayangan berwarna pelangi, dapat dipastikan bahwa berlian tersebut kualitasnya rendah, bahkan palsu. Untuk mendapatkan berlian kualitas terbaik, Kamu cukup membeli di The Palace Jeweler.

  1. Amati dengan loupe

Loupe merupakan alat sejenis kaca pembesar. Melalui kaca ini, akan terlihat tepi berlian asli yang tajam dan berlian palsu tepinya bulat.

  1. Taruh di atas buku

Cahaya tidak akan bisa menembus struktur berlian asli, jadi saat diletakkan di atas buku yang berisi tulisan, Kamu tidak akan bisa melihat tulisan tersebut. Sebaliknya, jika tulisan tersebut masih terbaca meskipun ditutupi berlian, dapat dipastikan itu bukan berlian asli.

 

Beli Berlian Di Tempat Terpercaya

Penting untuk mengumpulkan informasi sebelum memutuskan untuk membeli berlian. Termasuk cara-cara di atas untuk melihat keaslian berlian. Jika Kamu masih kesulitan melakukan cara di atas, bawa berlianmu ke toko perhiasan untuk dilakukan serangkaian tes profesional.

Untuk menghindari mendapatkan barang palsu, belilah berlian di tempat yang memiliki reputasi bagus. The Palace Jeweler merupakan toko perhiasan yang menjual beragam koleksi berlian dengan kualitas terbaik. Keaslian produknya tidak perlu diragukan lagi, sebab sudah bersertifikat.

Jadi, apabila Kamu berniat membeli kalung berlian emas putih, The Palace Jeweler pilihannya. Selain kualitasnya terjamin, di sana juga menyediakan berbagai macam pilihan model loh.