Cara Menjadi Programmer Terpercaya di Indonesia

Apakah Anda ingin menjadi programmer atau sedang mencari lowongan kerja programmer? Di Indonesia, banyak orang yang ingin bekerja sebagai programmer karena selain bagus untuk menghasilkan uang, juga sangat menggiurkan. Pemrograman tidak akan mudah, dan Anda memerlukan soft skill yang baik untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa cara untuk mempelajari cara membuat kode.

1. Kemampuan berbahasa Inggris
Salah satu cara untuk menjadi seorang programmer tentu saja dengan belajar bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Dokumentasi bahasa pemrograman harus ditulis dalam bahasa Inggris.
Dan kemampuan bahasa Inggris yang baik dapat memudahkan Anda menemukan masalah ketika terjadi kesalahan atau kendala.

2. Mampu membaca sumber kode
Kemudian, tentu saja, Anda harus bisa membaca sumber kode. Padahal, harus jelas source code dan logikanya harus sinkron agar tidak bingung nantinya saat membuat program atau aplikasi. Ini adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus Anda miliki.
Karena setidaknya Anda bisa mengubah atau menambahkan kode sendiri atau bersama tim saat mengerjakan sebuah proyek.

3. Debug
Untuk membuat program bagi pemula, Anda perlu mengetahui cara melakukan hal-hal seperti memperbaiki bug. Debugging adalah proses mencari kesalahan atau bug pada program yang sedang dibuat. Agar seorang programmer dapat melindungi sistemnya sendiri dari serangan hacker dan cracker, ia harus mampu melakukan debug.
Program atau aplikasi yang Anda buat nanti tetap dapat berjalan dengan aman dan tidak mudah dibobol dengan cara yang dapat membahayakan.

4. Tambahkan Pengalaman
Seseorang yang ingin menjadi programmer hebat mungkin memiliki pengalaman yang selalu menjadi lebih baik. Perusahaan besar akan lebih mungkin mempekerjakan Anda jika Anda memiliki lebih banyak pengalaman.
Jika Anda memiliki banyak pengalaman, itu berarti Anda telah banyak berlatih pemrograman. Jadi, ketika terjun ke dunia kerja yang sebenarnya, Anda tidak akan bingung lagi karena Anda sudah bekerja di bidang ini dan belajar banyak tentang bagaimana membuat program dan masalah apa yang bisa muncul.

5. Mulai Pemrograman
Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan Anda adalah dengan mempraktekkannya. Karena, sama seperti kita, pengetahuan teoretis tidak cukup tanpa pengalaman pemrograman yang sebenarnya.
Bahkan membuat program ini dapat ditambahkan ke resume Anda ketika Anda sedang mencari pekerjaan. Atau, jika Anda ingin mencari pekerjaan sampingan dalam pemrograman, program yang Anda buat dapat membantu Anda menemukan klien.

Anda dapat mencoba masuk ke situs Nextgen jika Anda mencari pekerjaan di bidang pemrograman. Anda juga dapat menemukan pekerjaan TI yang berbeda di Nextgen. Anda bisa langsung menuju situs nextgen.co.id untuk informasi lebih lanjut.