Cara meningkatkan peringkat website di mesin pencari

1. Pilih URL dan Tetap menggunakannya

Sebenarnya, usia domain bukanlah faktor utama yang akan digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web Anda. Di sisi lain, mengubah URL Anda pasti dapat berdampak pada kinerja situs Anda.

Saat Anda mengubah URL, semua tautan yang ada ke situs Anda mungkin rusak, kecuali jika Anda membuat pengalihan yang tepat.

Tautan yang menuju ke situs Anda (tautan balik Anda) menunjukkan kepada Google bahwa situs web lain menganggap situs Anda memiliki reputasi baik. Lebih banyak backlink dari situs terkemuka lainnya (bukan tautan spam, atau tautan “beracun”) umumnya berkorelasi dengan peringkat google yang lebih tinggi.

Artinya, jika Anda ingin meningkatkan peringkat google Anda di tahun 2020, pertahankan struktur URL Anda tetap sama. Jika Anda memang harus mengonfigurasi ulang beberapa URL—mungkin Anda menambahkan area blog dan ingin memindahkan beberapa konten situs—pastikan Anda menambahkan pengalihan.

Menentukan struktur url sejak awal adalah tindakan yang sangat penting. Terutama yang menerapkan Teknik SEO Lokal sejal awal optimasi.

Perubahan URL juga berarti bahwa situs Anda harus diindeks ulang atau dirayapi oleh Google. Ini berarti Anda mungkin kehilangan peringkat yang ada. Jika halaman Anda tidak mendapatkan hasil yang tinggi untuk memulai, awal yang baru mungkin merupakan hal yang baik. Namun, jika halaman Anda berkinerja cukup baik di industri Anda, ini mungkin berarti masalah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih URL Anda:

Idealnya, URL Anda harus berisi kata kunci Anda, meskipun hal ini mungkin tidak selalu memungkinkan.
Struktur URL Anda harus cukup sederhana dan logis. Jika pengguna harus mengklik delapan halaman berbeda untuk menemukan halaman tertentu, itu terlalu banyak.

Jika Anda mengubah domain atau struktur URL, selalu gunakan pengalihan.
Pelajari lebih lanjut tentang alat dan strategi untuk meningkatkan dan mengukur SEO
Unduh Panduan Utama untuk Meningkatkan Peringkat Google Anda »

2. Periksa Peringkat Pencarian Anda Saat Ini

SEMrush dan alat serupa dapat menunjukkan kepada Anda di mana peringkat Anda untuk kueri pencarian tertentu, dan juga bagaimana peringkat Anda berubah dari waktu ke waktu.

Peringkat Google Anda mungkin juga disebut peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Di mana peringkat Anda akan tergantung pada apa yang dicari pengguna. Jika, misalnya, Anda menyediakan layanan lansekap, Anda tidak akan muncul untuk penelusuran tentang dokter gigi, dan itu bagus. Jelas, Anda tidak perlu mengetahui peringkat Google Anda untuk setiap SERP. Namun, Anda harus tahu kata kunci mana yang paling penting untuk bisnis Anda, dan Anda harus tahu di mana peringkat Anda di SERP tersebut.

Sejumlah alat SEO seperti SEMrush dan Raven memberikan informasi mendalam tentang kata kunci dan peringkat Google Anda. Ada juga alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemeriksaan berkala. SERPs.com menyediakan Pemeriksa Peringkat Kata Kunci gratis untuk menguji seberapa baik kinerja situs Anda untuk kata kunci yang berbeda, dan di lokasi yang berbeda. Setelah Anda tahu kata kunci apa yang perlu Anda targetkan, bagaimana memasukkannya ke dalam konten Anda dan di mana Anda berdiri, Anda dapat mulai meningkatkan Peringkat Google Anda pada tahun 2020.

3. Periksa Kecepatan Situs Anda

Metode peringkat halaman Google semakin didasarkan pada peningkatan pengalaman pengguna. Jika situs Anda dimuat dengan cepat dan berkinerja lancar, pengguna cenderung tetap berada di halaman, kembali ke halaman tersebut, dan menautkannya ke orang lain. Terkait dengan ini, atau mungkin karena ini, Google cenderung memberi penghargaan pada halaman yang memuat dengan cepat dan menempatkannya lebih tinggi di SERP.

Anda dapat menggunakan salah satu alat berikut untuk memeriksa waktu pemuatan halaman: GTmetrix , Pingdom , atau Google PageSpeed ​​Tools .

4. Mulai Menggunakan Google Analytics

Google Analytics dapat membantu Anda meningkatkan peringkat Google Anda lebih dari alat lainnya. Terbaik dari semua, gratis. Tindakan pemasaran online yang kita lakukan bisa berdampak sangat bagus bagi kinerja website anda. Dan ini bisa dilakukan dengan bantuan Google analytics.

Jika Anda sedang mengerjakan pengoptimalan mesin telusur, Anda mungkin telah menyiapkan situs dengan Google Analytics . Jika Anda belum melakukannya, pelajari cara mengaturnya dan menggunakannya sesegera mungkin. Dengan alat ini, Anda dapat melacak konversi dan pendaftaran di situs web Anda, serta kata kunci, tren lalu lintas, kecepatan situs Anda, dan banyak faktor lainnya. Karena dirancang oleh Google untuk pengelola situs web, ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat situs web Google Anda di tahun 2020.

Perlu diingat bahwa Google ingin penggunanya mendapatkan pengalaman online yang baik. Mengejar tujuan ini telah membantu mereka menjadi mesin pencari teratas di dunia. Ini berarti Google memprioritaskan situs yang memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna, dan menempatkan mereka lebih tinggi di SERP. Google menafsirkan pengalaman yang baik dengan rasio pentalan yang rendah, waktu muat yang cepat, waktu tunggu yang lama , dan rasio klik atau konversi yang tinggi. Semua metrik ini menunjukkan bahwa pengguna menganggap situs Anda berguna—dan semua metrik ini tersedia di Google Analytics.

5. Gunakan Tag Judul yang Tepat

Sangat ideal untuk menempatkan kata kunci terpenting Anda, serta nama merek Anda, di tag judul halaman Anda.
Setiap halaman di situs web Anda harus memiliki tag judul yang unik. Ini menunjukkan kepada Google bahwa Anda benar-benar memiliki konten unik di situs web Anda, dan bahwa halaman Anda bukan sekadar konten duplikat. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memasukkan kata kunci Anda. Untuk meningkatkan peringkat Google Anda untuk pencarian tertentu, ada baiknya untuk segera memberi tahu mesin pencari tentang halaman tersebut. Inilah gunanya tag judul Anda.

Rumus ini seharusnya tidak menjadi solusi akhir untuk tag judul Anda. Pada SERP, tag judul itu sering menjadi satu-satunya yang dibaca oleh pengguna. Jika tag judul Anda tidak menarik mereka dan memberi tahu Anda tentang perusahaan Anda atau konten halaman Anda, itu tidak akan banyak membantu lalu lintas situs web Anda.

Bereksperimenlah dengan berbagai kata kunci, lokasi, atau kode pos yang berkinerja baik. Ingatlah bahwa setiap judul halaman harus unik, atau halaman Anda akan mulai bersaing satu sama lain dan peringkat Google masing-masing akan menderita.