CARA MENGGUNAKAN MESIN PERONTOK JAGUNG

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan karena kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam bijinya. Zaman sekarang olahan dari jagung sudah melimpah, mulai dari makanan, minuman, bumbu-bumbu dapur. Jagung juga dapat dijadikan sebagai tepung yang lebih luas lagi kegunaannya. Pengolahan dari jagung agak sedikit terkendala jika kita harus memisahkan jagung dari tongkolnya secara manual, sehingga petani jagung maupun pelaku usaha perlu mencoba mesin perontok jagung.

Mesin perontok jagung atau mesin pemipil jagung berfungsi untuk merontokkan jagung dari bagian tongkolnya. Mesin ini sangat membantu para petani jagung karena akan mempermudah untuk mendapatkan bulir-bulir jagung dan menghemat waktu. Mesin Perontok Jagung biasanya memiliki kapasitas sekitar 300-1000 Kg/Jam. Material mesin biasanya terbuat dari Mild steel, sedangkan bagian rangkanya dari besi siku. Tenaga mesin dari diesel dengan daya yang disesuaikan kapasitas mesin. Energi mesin yang dibutuhkan tentunya dari solar. Harga dari mesin perontok jagung ini pun bervariasi karena berbagai model, merk, dan fasilitas mesin yang semakin bervariasi. Biasanya mesin dengan kapasitas 500 kg/jam dijual dengan harga 4-5 juta rupiah. Selain itu ada juga mesin yang dijual dengan harga di atas 10 juta.

 

Fungsi Mesin Perontok Jagung

Kegiatan memisahkan jagung dari bonggolnya merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi petani jagung, apalagi jika jagung hasil panen sangat melimpah. Bagi pelaku usaha lainnya yang membutuhkan bulir jagung pun juga kesusahan jika membeli jagung yang masih utuh dengan bonggolnya, sedangkan membeli jagung yang sudah terpisah dari bonggolnya lebih mahal. Untuk itu mesin ini dibuat agar memudahkan pekerjaan memipil jagung. Proses merontokkan jagung pun lebih mudah, cepat dan diperoleh hasil yang lebih baik dengan adanya mesin ini.

Cara Menggunakan Mesin Perontok Jagung

  1. Mesin yang sudah terhubung dengan diesel dihidupkan
  2. Jagung yang akan dirontokkan harus dimasukkan ke dalam corong input mesin dengan perlahan-lahan
  3. Pada corong output mesin akan keluar hasil perontokkan jagung
  4. Wadah penampung biji jagung disiapkan di depan output mesin
  5. Jangan lupa mematikan mesin, jika proses merontokkan jagung sudah selesai.

 

By havidz