Membeli rumah dengan kredit hipotek ternyata tidak hanya dapat dilakukan untuk rumah baru, tetapi juga untuk rumah bekas yang dibayarkan dengan sistem kredit KPR. Dalam pengajuan KPR khusus untuk rumah bekas memang ada perbedaan dengan sistem pengajuan KPR untuk rumah baru. Selanjutnya, kami menjelaskan cara mengirimkan KPR untuk rumah bekas.

Cara mengirimkan KPR untuk rumah bekas
Melakukan negosiasi
Sebelum Anda memutuskan untuk mengirimkan KPR bekas rumah, Anda harus bernegosiasi terlebih dahulu dengan penjual. Setelah ada perjanjian, Anda dapat mengajukan KPR. Tidak ada salahnya jika Anda survei terlebih dahulu sehingga harganya tidak jauh berbeda dari harga pasar. Setelah itu, siapkan persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan hipotek ke bank yang merupakan pilihan Anda.

Lakukan cek
Memeriksa yang dimaksudkan di sini adalah memeriksa terkait keaslian dokumen rumah atau tanah seperti IMB, sertifikat dan PBB. Ini dilakukan untuk menghindari penipuan dan lebih aman. Jika dokumen tersebut telah dinyatakan valid, maka langkah Anda selanjutnya bisa mendapatkan pinjaman KPR dari bank yang ditunjuk. Kemudian, bank akan mengundang Anda dan penjual untuk melakukan transaksi kredit di depan notaris. Setelah itu, bank akan membayar untuk penjual sejumlah nominal yang telah menjadi kesepakatan. Untuk sisanya akan dibayar sendiri sebagai uang muka.

Menyiapkan dana
Jika Anda memilih untuk membeli rumah bekas, ada beberapa biaya yang harus dilakukan dan terhubung dengan proses hipotek seperti biaya asuransi kebakaran, biaya penyediaan bank, biaya notaris, biaya asuransi jiwa, biaya transaksi dan BPHTB.

Tambahkan isi perjanjian
Menambahkan isi perjanjian yang juga dapat Anda lakukan, ini dimaksudkan agar harga rumah tidak dapat diubah kapan saja dan berkaitan dengan mengosongkan rumah. Dengan demikian, posisi Anda sebagai pemilik semakin kuat di mata hukum.
Itu adalah beberapa cara untuk menyerahkan KPR untuk rumah bekas, setelah memahami metode ini, pastikan Anda mengikutinya untuk lebih aman. Jika Anda memiliki rencana untuk bangun atau merenovasi rumah, toko, rumah toko, kantor, gudang, dan berbagai bangunan lainnya, cukup percaya pada ahli rumah di kontraktor bangun rumah di Solo.

By Drajad