Bukan Sekedar Penghangat Saat Mandi, Kenali Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Tubuh

 

Setelah beraktifitas biasaya tubuh ajan menjadi kotor karrena keringat debu dan polusi, tentunya hal ini akan sangat membuat kamu tidak nyaman. untuk membersihkan tubuh sebaiknya setelah kamu bangun tidurr dan setelah melakukan aktivitas, namun sering kali kita menjadi malas mandi karena cuacanya yang dingin ataupun malas mandi mengunakan air dingin, lalu apa solusinya? apa kamu akan membiarkan kotoran yang ada dikulit kamu berlama lama disana? tentunya hal ini juga dapat menyebabkan pebyakit kulit gatal, bahaya juga loh karena dapat menimbulkan luka permanen jika digaruk terlalu keras. solusinya adalah dengan menggunakan elterra water heater.

 

Manfaat mandi air hangat

Di Jepang, terdapat pemandian air hangat umum (sento) yang biasanya dikunjungi oleh masyarakat sepulang kerja. Di sana, sento dianggap bisa membersihkan badan dan juga pikiran.Di Indonesia, mungkin tidak banyak pemandian air hangat yang dapat disinggahi setiap hari.Namun, Anda bisa merasakan mandi air hangat di rumah sendiri dengan menggunakan  Elterra Water Heater, dengan menggunakan  itu kita bisa memakai air hangat kapanpun kita mau.

manfaat mandi air hangat

  1. Memiliki dampak terapeutik

Menurut dr. Bobby Buka, seorang dermatologis asal New York, Amerika Serikat, Anda bisa merasakan manfaat mandi dengan air hangat bagi kesehatan karena kulit mampu merilis hormon endorfin ketika dibasahi air hangat.Maka dari itu, mandi air hangat dapat memberikan efek terapeutik dan menyegarkan karena aliran darah ke kulit jadi meningkat.

2. Meningkatkan pernapasan

Temperatur dari air hangat dan tekanan pada dada Anda ternyata mampu meningkatkan kapasitas paru-paru serta asupan oksigen.Sama seperti efek bersauna, menurut beberapa studi yang berkembang, manfaat mandi menggunakan air hangat bisa menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula darah, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat mandi air hangat setelah begadang ternyata membuat Anda lebih mengantuk. Riset juga membuktikan bahwa manfaat mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.Sebab, temperatur inti tubuh akan meningkat, ketika Anda sedang berendam atau dibasahi air hangat. Hal ini pun bisa Anda terapkan saat begadang. Kemudian, ketika Anda beranjak dari kamar mandi, temperatur tubuh akan memberikan sinyal bahwa tubuh Anda sudah siap untuk tidur. Hal ini mampu membuat kualitas tidur Anda lebih baik, dan tentunya, mengantuk lebih cepat.

4. Membakar kalori

Dalam sebuah penelitian, mandi air hangat terbukti mampu membakar kalori Anda. Para peneliti meminta 10 pria untuk mandi air hangat dan berendam.Hasilnya, para responden tersebut mengalami pembakaran 126 kalori per jam. Jumlah ini biasanya baru bisa dicapai ketika Anda jalan kaki sekitar 25-30 menit.Dalam penelitian yang sama, terdapat kesimpulan bahwa manfaat mandi air hangat juga bisa menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

5. Meredakan rasa sakit pada tubuh

Berendam dengan air hangat bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh. Ada penelitian yang memperlihatkan kasus pada pengidap penyakit Ehlers-Danlos. Penyakit ini membuat tubuh penderitanya sangat “ringkih”.Penelitian tersebut membuktikan, mandi air hangat bisa membuat otot-otot tubuh penderita Ehlers-Danlos rileks. Jadi, rasa nyeri pada tubuh bisa diredakan. Tak perlu khawatir, manfaat mandi air hangat di malam hari ini pun bisa dirasakan pada orang-orang pada umumnya

Baca Juga Handal Water Heater

6. Meningkatkan kesehatan otak

Pada studi tahun 2018, mandi dengan air hangat terbukti bisa menstimulasi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah protein yang memiliki banyak fungsi untuk otak, seperti:

  • Meningkatkan kualitas kelangsungan hidup sel-sel saraf
  • Mempercepat pertumbuhan, pematangan, dan pemeliharaan sel saraf
  • Meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu dan mengingat

Studi ini melibatkan 8 pria, yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mandi dengan air panas selama 20 menit. Kelompok lainnya mandi dengan air hangat.Partisipan yang mandi dengan air panas, memiliki kadar BDNF lebih tinggi. Peneliti menyimpulkan, hipertemia yang disebabkan mandi air panas bisa menambah produksi BDNF.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Keuntungan mandi air hangat, termasuk manfaat mandi air hangat di pagi hari, selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung.Sebuah laporan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa air hangat bisa melancarkan peredaran darah pada penderita gagal jantung.Sebab, pembuluh darah akan melebar ketika terekspos dengan temperatur tinggi.Kemudian, pada sebuah studi tahun 2012, air hangat juga terbukti bisa meredakan kekakuan pada pembuluh darah.Studi itu memperlihatkan, partisipan yang memasukkan sebagian kakinya ke dalam air panas selama setengah jam, mampu meredakan pembuluh darah yang kaku.

8. Meredakan sakit kepala

Manfaat mandi air hangat selanjutnya adalah meredakan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala terjadi saat pembuluh darah di kepala mengalami penyempitan.Dengan mandi air hangat, dipercaya pembuluh darah di kepala akan merasa rileks dan lepas dari tekanan, sehingga sakit kapala dapat diredakan.

9. Melegakan hidung tersumbat

Mandi air hangat saat flu ternyata melembapkan lubang hidung. Hal ini juga membantu melegakan hidung tersumbat karena uap hangat membantu lendir di saluran pernapasan lebih mudah keluar. Efeknya, hidung tersumbat pun teratasi.

Temperatur yang pas untuk mandi air hangat

Jangan asal mandi air hangat saja. Tingkat kepanasan dari air, juga harus diperhatikan.Seperti yang dikatakan oleh profesor dari University of Texas, Amerika Serikat, temperatur air sangatlah penting, agar Anda bisa merasakan manfaat mandi air hangat. Suhu yang disarankan untuk mandi air hangat adalah maksimal 40 derajat Celcius.Intinya, tidak boleh menggunakan air terlalu panas, atau malah dingin. Hal ini bisa justru tidak berdampak positif bagi tubuh.

Efek mandi air hangat terlalu sering

Beberapa risiko mandi air hangat adalah:

  • Mengiritasi kulit, sebab suhu panas meningkatkan risiko kerusakan pada sel keratin di lapisan kulit terluar. Hal ini membuat kulit kering dan akhirnya sulit menahan kelembapan.
  • Memperparah eksim, sebab suhu tinggi membuat kulit tambah kering dan eksim kambuh.
  • Berisiko menimbulkan rasa gatal, suhu panas membuat kadar histamin dilepaskan pada kulit sehingga memicu rasa gatal.