Berkenalan Dengan Komoditi Kopi Indonesia Kopi Robusta

Salah satu komoditas perkebunan Indonesia adalah kopi. Ya, Indonesia termasuk kedalam jajaran produsen kopi terbesar di dunia dengan memasuki posisi 8. Indonesia bersaing dengan Vietnam dalam menghasilkan kopi untuk dunia. Menempati posisi 8 menjadikan Indonesia negara pengekspor kopi untuk dunia. Selain itu, kopi yang banyak ditumbuhkan di Indonesia sangat beragam jenisnya. Namun, terdapat beberapa jenis kopi yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia dan menjadi komoditas perkebunan kopi Indonesia. Kopi Robusta merupakan salah satu jenis kopi yang banyak ditumbuhkan di Indonesia. Kopi lain yang ditumbuhkan di Indonesia adalah kopi Arabika.

Meskipun banyak sekali varian kopi Indonesia yang menjadi komoditas yakni kopi luwak dan kopi Mandailing. Kedua kopi tersebut cukup terkenal di Indonesia dan menjadi kopi yang menawan para penikmat kopi untuk berkunjung di Indonesia. Sektor perkebunan kopi di Indonesia didominasi oleh kopi robusta. Dimana kurang lebih 70% perkebunan kopi Indonesia didominasi oleh perkebunan kopi robusta. Kopi jenis ini memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang tak luput dari kegiatan ekspor kopi yang dilakukan. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di daerah Sumatera seperti Bengkulu dan Lampung. Kopi robusta memiliki rasa kopi yang kuat dan kandungan kafein tinggi cocok dikonsumsi bagi para pecinta kopi khususnya para over hour.

Kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang banyak ditemukan di Afrika dan menjadi pusat penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Mengingat Afrika merupakan benua yang banyak menghasilkan kopi. Selain Afrika, robusta juga banyak ditemukan pada daerah Asia khususnya Indonesia dan Vietnam. Produksi kopi robusta kian meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Berbeda dengan kopi Arabika yang menghasilkan kopi yang memiliki rasa keasaman, kopi robusta lebih kuat dari segi rasa dengan nilai kafein yang tinggi. Kopi robusta banyak di proses menjadi kopi instan karena rasanya yang kuat dan kandungan kafeinnya tersebut.

Salah satu perusahaan pengolahan kopi yang menggunakan kopi robusta adalah Nescafe. Produk Nescafe banyak sekali yang menggunakan kopi robusta dan tentunya menggunakan biji kopi robusta pilihan dan terbaik. Memanfaatkan hasil perkebunan Indonesia, Nescafe menghadirkan beragam produk kopi dengan gaya baru dan berbagai cita rasa. Tanpa menghilangkan bentuk atau penampilan asli dari kopi itu sendiri yakni hitam pekat, Nescafe menghadirkan produk kopi hitam tanpa ampas dan tanpa gula. Kopi ini diproduksi untuk memudahkan menikmati cita rasa kopi dan aroma asli dari kopi itu sendiri. Mengingat kopi merupakan minuman yang penting bagi sebagian orang khususnya para pekerja, Nescafe menghadirkan kemasan kopi sachet siap seduh.