Memberikan kegiatan belajar huruf untuk anak adalah salah satu kegiatan kaya manfaat yang patut untuk dilakukan. Anda harus memberikan aksi ini untuk membantu proses peningkatan daya otak anak-anak jaman sekarang. Terutama agar mereka lebih pintar dan cepat berkembang.

Belajar Huruf untuk Anak

Cara Menyenangkan untuk Mengenal dan Belajar Huruf untuk Anak

Anak memerlukan cara pengenalan terhadap hal baru dengan baru dan tetap menyenangkan. Anda harus memikirkan metode-metode tersebut, supaya anak merasa senang serta tidak mudah bosan dengan suasana belajar yang lumayan monoton. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

  1. Huruf Berantai

Cara pertama adalah dengan bermain huruf berantai. Bentuk permainan ini bisa membantu anak untuk menghafalkan huruf A-D dengan berurutan. Siapkan beberapa potong kertas untuk kemudian di plong menggunakan mesin plong dan menyusunnya secara bersambung menggunakan tali..

Satu kartu berperan sebagai satu huruf saja. Cara memainkannya sangat mudah. Sebelum itu itu nyanyikan terlebih dahulu lagu ABCD dan tunjukkan urutan yang benar. Kemudian tantang sang anak untuk menyelesaikannya sendiri permainan ini, saat apresiasi dengan memasangnya di kamarnya.

  1. Menjepit Huruf

Langkah selanjutnya adalah dengan bermain menjepit huruf. Sebelum itu, Anda harus menyiapkan karton yang bertuliskan huruf dan jepitan bermacam warna. Nyanyikan ABCD dan berikan urutan abjad yang benar sebagai mainan edukasi anak.

Nyanyikan huruf-huruf itu bersama-sama dengan penjepitan kertas. Lalu jika sudah mintalah kepada anak untuk melakukannya dengan caranya sendiri. Metode ini bisa digunakan pada kelompok huruf berbeda. Lakukan secara bertahap hingga huruf terakhir sebagai bentuk dari belajar huruf untuk anak.

  1. Menemukan Huruf

Permainan berikutnya yakni menemukan huruf. Pertama, Anda harus membuat kartu dengan kartos karton berukuran A5 dan juga spidol. Gunakan satu kartu untuk satu hurur saja. Buatlah kartu 26 buah untuk abjab dari A sampai dengan Z.

Cara memainkannya adalah dengan mengenalkan set huruf pertama pada anak, kemudian minta untuk menghafalkannya. Kemudian sebarkan masing-masing 3 lembar. Tugasnya adalah mencari kartu dengan huruf B, supaya dapat menemukan 3 kartu yang dimaksudkan.

Demikian penjelasan mengenai belajar huruf untuk anak. Anda dapat memperoleh banyak edukasi dan pembelajaran dari uraian pada artikel di atas. Lakukan percobaan pada salah satu metode tertera pada pembahasan. Sekian dan semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

By doni