5 Sumber Masalah Penyebab AC Mobil Kurang Dingin dan Cara Mengatasinya

Halo sobat pintar otomotif Air conditioner( AC) ataupun penyejuk hawa jadi fitur dalam kendaran yang tidak sempat bolos dipakai juru mudi di beberapa kota yang populer panas tercantum Jakarta. Terlebih dikala ini telah merambah masa gersang yang nyaris tiap hari suhnya lebih dari 32 bagian Celcius.

Tetapi, di dikala kalian menghidupkan AC serta nyatanya hembusan anginnya kurang dingin ataupun cuma terasa angin saja, pasti membuat berkendara jadi tidak aman. Jika kalian hadapi perihal itu, berarti terdapat yang salah dengan situasi AC mobil kalian yang wajib kalian cek, yang membuat AC mobil tidak dapat bertugas dengan cara maksimal dikala difungsikan.

Biarpun begitu, laki- laki yang bersahabat disapa Pak Haji itu menjabarkan 5 perihal sangat biasa serta pokok yang kerapkali jadi faktor AC mobil tidak bisa bertugas dengan cara maksimal. Ayo, ikuti ulasan

1. Freon habis ataupun kurang

Dilansir dari sumber pintar otomotif Salah satu pemicu pokok yang kerap jadi faktor AC tidak dingin merupakan freon yang habis ataupun kurang. Pada dasarnya, tutur Agus, freon tidak hendak habis jika tidak terdapat kebocoran pada sistemnya. Pemicu bocornya dapat beraneka ragam, dapat sebab sebagian bagian karet yang getas sebab telah lama ataupun terdapat yang tidak selesai pada valve kompresornya.

“ Nilai ini kayaknya yang sangat kerap terjalin di AC mobil. Jadi jika kita ibaratkan, freon ini gunanya serupa dengan darah yang membuat orang dapat hidup. Sedemikian itu pula dengan freon, jika terdapat yang tida selesai di freonnya, meski AC- nya hidup ia tidak hendak menghasilkan hawa yang dingin nama lain tidak bisa bertugas dengan bagus,” nyata Agus.

2. Penapis AC tersumbat

Penapis ataupun gadang AC mempunyai guna buat menyortir seluruh abu serta kotoran. Nah, pastinya jika kalian berat kaki buat mensterilkan bagian ini, abu ataupun kotoran- kotaran lain banyak yang melekat serta terkubur di bagian penapis yang buatnya jadi tersendat. Jika telah tersendat, dapat ditentukan perputaran hawa yang diperoleh tidak hendak maksimal.

Meski keadaannya AC mobil hidup, tetapi jika filternya kotor serta tersendat, tidak hendak terdapat hawa yang pergi lewat blower, serta perihal itu yang membuat AC mobil kalian seakan tidak berperan serta terasa dingin.

3. Motor extra fan mati ataupun lemah

Tidak hanya pertanyaan habisnya freon serta tersumbatnya penapis AC, AC yang kurang dingin pula dapat disebabkan permasalahan pada extra fan.

Bersumber pada pemaparan Agus, motor extra fan yang bermasalah hendak membuat cara kondensasi di dalam kondensor tidak dapat berperan dengan cara maksimal, yang memunculkan tidak terdapat hawa dingin yang masuk ke dalam kabin.

“ Pertanyaan motor extra fan, permasalahan intinya terdapat 2. Antara mati ataupun tidak hidup serupa sekali, ataupun sedang berjalan tetapi putarannya lemas yang membuat hembusan anginnya itu kecil,” dempak Agus.

Jika bagian motor extra fan pada AC mobil kalian telah mulai lemas ataupun apalagi mati, tidak terdapat jalur lain yang dapat kalian jalani tidak hanya mengubahnya dengan motor extra fan yang terkini.

4. Evaporator kotor

Kompetitor terbanyak dari evaporator merupakan abu. Mengenai perihal ini, abu jadi perihal penting yang dapat membuat evaporator AC mobil kalian kotor kemudian tersendat yang membuat perputaran AC jadi tidak mudah sebab terdapat yang membatasi.

Jadi abu ataupun kotoran yang terdapat di evaporator merupakan debu- debu yang tidak dapat tersari oleh penapis ataupun bisa jadi apalagi saking banyaknya abu ataupun kotoran yang terdapat di bagian penapis.

“ Jika Evaporator sih biasa, jika ia kotor betul tentu karena mayoritas abu ataupun kotoran yang bertengger disitu. Jika Evaporator kotor itu perputaran hawa yang dihembuskan ke dalam kabin yang seharusnya hawa dingin menajdi kurang dingin,” jelasnya.

5. Kondensor kotor

Kondensor terdapat di bagian depan dekat dengan radiator. Tanpa diketahui, letaknya sering kali mengundang seluruh kotoran yang bisa jadi dapat saja bertengger pada dikala kita lagi berkendara.

Nah, nyatanya perihal itu hendak berakibat pada sistem kegiatan AC yang dapat jadi tidak dingin. Karena, kondensor yang kotor dampak lumpur ataupun kotoran yang lain dapat membuat cara kondensasi jadi tidak maksimum.

“ Kondensor ini lebih semacam pengantar yang gunanya membuang panas yang diperoleh dari mesin AC. Jika itu( kondesor) kotor tentu ia enggak hendak maksimum membuang panas, yang akibatnya ke sistem kegiatan AC,” imbuhnya.

Solusi

Apa jalan keluarnya jika kelima perihal ini singgah di sistem AC mobil kalian yang buatnya tidak sanggup bertugas dengan cara maksimal?

Agus menarangkan tidak terdapat jalur lain tidak hanya wajib membawanya ke bengkel sah buat dibenahi. Lebih lanjut, sebab bagian AC ialah zona yang semua komponennya terletak di dalam, hingga wajib orang yang memanglah telah pakar buat menanganinya. Janganlah hingga sebab ditangani orang yang bukan ahlinya, membuat AC mobil kalian jadi imbuh cacat yang hendak jadi lebih susah buat membenarkannya.

Ia mengimbau, terdapat bagusnya selaku si pemilik alat transportasi, kalian senantiasa memeriksa bagian AC dengan cara teratur tiap 3- 6 bulan sekali, ataupun menjajaki agenda jasa teratur mobil kalian.

“ Jika penjaannya teratur, seharusnya permasalahan semacam ini tidak terjalin. Janganlah hingga nunggu terdapat keluhkesah terkini dibawa ke bengkel,” tutup Agus.