burung-perkutut

Walau sudah terkalahkan dengan burung kicau secara umum, burung Perkutut masih tetap mempunyai ruangan hati di beberapa pencintanya. Ini tidak lain karena dia mempunyai kekuatan suara yang sangat unik.

Disamping itu, wujud badannya termasuk sangatlah menarik. Menjadi satu diantara burung epidemik Indonesia, satwa satu ini sangat beragam. Ingin tahu apa macamnya? Berikut pembahasannya.

Mengenali Tipe Burung Perkutut, Makanan, Harga, Suara


Perkutut Majapahit

Perkutut Majapahit sebagai salah satunya tipe burung Geopelia Striata asli Indonesia. Mempunyai bulu-bulu dengan kombinasi warna yang unik, tidak sangsi bila Perkutut Majapahit disukai oleh beberapa orang.

Tidak cuman hanya itu, burung yang populer akan kecantikan dan kelebihannya ini juga sering dikoleksi karena kekhasan yang dipunyainya.

Mempunyai wujud badan yang semakin besar dan dada yang lebih tegak, https://pleci.id Perkutut Majapahit ini dibandrol pada harga range Rp. 1 juta-an di pasaran. Antiknya,

burung Perkutut ini juga mempunyai mata yang lebih tajam dan gerak geriknya yang lebih lincah. Umumnya Perkutut Majapahit ini konsumsi makanan berbentuk ketan hitam, kacang hijau, yang lain, dan beras.

burung-perkutut-lokal

Perkutut Bangkok

Dapat disebut, Perkutut Bangkok ini terhitung ke burung dengan kepamoran tertinggi antara burung pada umumnya. Masalahnya Perkutut Bangkok dianugerahkan suara kicauan yang ngebass dan besar.

Tidak sangsi jika banyak pencinta burung berminat untuk memikulgbiakkannya. Walau mempunyai nama “Bangkok”, sebenarnya asal-usul burung ini datang dari Jawa.

Karena suara merdu yang dipunyainya, burung ini seringkali diikutkan di beberapa gelaran perlombaan. Tidak cuma hanya itu, Perkutut Bangkok juga mempunyai karakter pada bulunya.

Di mana ada kombinasi warna yang paling elok yaitu di antara warna putih di bagian dada, dan warna hitam di bagian trotol putih dan sayap.

Disamping itu, paruhnya warna hitam dan kakinya warna merah. Karena keelokan fisik dan suara merdunya, tidaklah aneh bila burung Perkutut ini dibanderol pada harga sekitaran Rp. 1,5 sampai Rp. 3 juta-an. Sebetulnya, Perkutut Bangkok ini konsumsi makanan berbentuk biji bijian. Tetapi ada saatnya anda harus memberinya milet buat memberinya energi tambahan.

Perkutut Udan Mas

Tidak cuman mempunyai nama yang cukup unik, Perkutut Udan Mas juga memiliki karakter tersendiri. Di mana ada kombinasi warna di antara coklat pada mayoritas badannya dan semburat putih pada ujung sayapnya. Bila disaksikan secara fisiknya, Perkutut Udan Mas ini mempunyai wujud badan yang lebih ramping dibanding Perkutut pada umumnya.

Jika tertarik memiaranya, anda harus mengambil kantong sekitaran Rp. 1 juta-an. Walau harga termasuk tinggi, tetapi kepamoran Perkutut Udan Mas tak pernah turun. Apa lagi langkah perawatannya termasuk sangat mudah. Masalahnya anda cukup memberinya makanan berbentuk gabah, beras merah, milet, atau pakan burung yang sudah disediakan.

Perkutut Iris Dada

Disaksikan sepintas, performa Perkutut Iris Dada ini seperti burung Merpati. Tetapi yang membandingkannya, yaitu warna bulu-bulunya yang sedikit coklat dan bintik hitam pada bagian kepalanya. Sesuai namanya, burung Perkutut pada harga capai Rp. 25 juta ini mempunyai keunikan berbentuk dadanya terbelah. Jadi tidak sangsi bila harga yang dibanderol juga capai angka fenomenal.

Sebenarnya, keanekaragaman Perkutut asli Indonesia termasuk sangatlah banyak. Apa lagi karena sumber daya alam yang dipunyainya, tidak cuman Perkutut semata-mata burung yang lain berlimpah ruah.

Tetapi dapat disebut tipe burung kicau satu ini laku di pasar, karena kekuatan suaranya yang demikian merdu dan keras. Hingga tidaklah aneh jika banyak yang mengadunya di gelaran perlombaan.

By boring