10 Cara Merawat Hardisk Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Halo sobat tekno advisor Hardisk pada laptop ialah salah satu bagian parah. Terlebih bila Kamu banyak menaruh informasi di hardisk itu. Sebab itu menjaga hardisk amat berarti. Serupa berartinya dengan metode menjaga baterai remot atau menjaga bagian laptop yang lain.

Kenapa menjaga hardisk amat berarti? Alibi penting merupakan harga hardisk. Harga hardisk laptop terhitung mahal. Memanglah jika laptop Kamu sedang mempunyai jaminan serta terdapat kehancuran pada laptop, sedang dapat ditukar oleh produsen laptop. Bila tidak, pasti Kamu butuh membelinya.

Buat itu, dari repot serta wajib menghasilkan anggaran untuk hard disk hendaknya tahu metode menjaga hard disk supaya abadi serta tidak kilat cacat. Serta selanjutnya ini Carisinyal hendak membagikan langkah- langkah menjaga hardisk yang bagus serta betul.

10 Metode Menjaga Hardisk Laptop

1. Jauhi Pemakaian Partisi Berlebihan

Dilansir dari sumber tekno advisor Biasanya hardisk mempunyai kapasitas mulai dari 320GB ke atas. Umumnya kapasitas akan dibagi- bagi penyimpanannya ataupun yang lazim diucap partisi. Misalnya partisi C buat sistem pembedahan serta partisi D buat informasi.

Kamu hendaknya tidak mempunyai jumlah partisi yang sangat banyak. Jika 2 partisi dirasa kurang, Kamu dapat memilah ke dalam 3 partisi. Misalnya partisi C buat sistem, partisi D buat informasi kerjaan atau kewajiban, serta partisi E buat menaruh program.

Sesungguhnya lebih dari 3 partisi tidak permasalahan, tetapi sangat banyak partisi pula hendak membuat fragment hardisk terbagi- bagi dalam proses read and write. Nah, jadi salah satu metode menjaga hardisk laptop merupakan menjauhi pemakaian partisi yang kelewatan.

2. Defrag Hardisk

Panduan metode menjaga hardisk laptop yang lain merupakan dengan melaksanakan fragmentasi hard disk. Kenapa wajib melaksanakan fragmentasi? Biasanya, sebab informasi yang sangat banyak di hard disk hendak membuat keahlian harddisk menyusut.

Buat melaksanakan drefrag, dapat memilah defrag bawaan Windows. Ataupun dapat pula memakai program defrag pihak ketiga semacam ultradefrag, defragler, serta lain- lain. Saat sebelum melaksanakan defrag, lihat terlebih dahulu fragmentasinya bila telah di atas 10, kemudian Kamu dapat jalani defrag. Cara defrag umumnya kira- kira lama, paling utama bila kapasitas hard disk besar.

Apa akibat defrag? Pastinya tidak hanya membuat hard disk supaya tidak kilat cacat sebab banyak informasi menumpuk, defrag pula bermanfaat buat tingkatkan proses read and write hard disk.

3. Memadamkan Laptop dengan Benar

Metode menjaga hardisk laptop supaya tidak kilat cacat selanjutnya merupakan memadamkan laptop dengan betul. Terlihat sepele memang, tetapi Kamu wajib ingat, kala laptop menyala, hard disk bertugas. Dikala dimatikan tiba- tiba, pasti perihal ini hendak menganiaya hard disk yang lagi mengerjakan ataupun membaca informasi program.

Sebab itu senantiasa matikan laptop dengan metode menekan shut down. Jangan menuntut menutup laptop dalam kondisi menyala. Matikan terlebih dahulu, terlebih bila Kamu ingin berpergian. Memanglah runyam wajib memadamkan laptop tetapi ini untuk kebaikan hard disk laptop Kamu.

4. Jauhi Laptop dari Guncangan

Sebisa bisa jadi jagalah laptop serta simpan dengan bagus. Jauhi gejolak pada laptop yang dapat berdampak kehancuran pada hard disk. Terlebih bila laptop sedang menyala, serta Kamu membawanya tanpa memadamkan terlebih dahulu.

Tidak terdapat yang ketahui dikala Kamu lagi jalur sembari bawa laptop, laptop Kamu jatuh serta tertabrak. Pasti ini hendak membuat gejolak pada hard disk serta membuat hard disk berpotensi cacat ataupun apalagi mati keseluruhan.

5. Jauhi Memakai Laptop di Atas Kasur

Kamu yang kerap memakai laptop di atas kasur, hendaknya mulai buat tidak melaksanakannya lagi. Memanglah memakai laptop di atas kasur aman, tetapi ini hendak membuat perputaran panas pada laptop tidak maksimal pergi. Bila sirukalasi panas pada laptop tersendat pasti hendak mempengaruhi hard disk pada laptop.

6. Simpan di Atas Meja

Lalu dimana seharusnya menaruh laptop? Jawbannya, betul, di atas meja. Telah kodratnya laptop wajib berasaskan meja, bagus meja besar atau lesehan. Yang nyata janganlah hingga laptop Kamu ditaruh pada dasar yang membuat perputaran hawa tidak maksimal, semacam dasar yang tidak latar ataupun beriak.

Jauhi pula menaruh laptop di tempat yang mempunyai banyak abu. Tidak sedikit hard disk jadi lelet karena abu yang masuk ke laptop alhasil membuat prosesor serta hard disk bertugas ekstra dikala dihidupkan. Sebab itu sayangilah hard disk laptop Kamu dengan metode menjaga hardisk laptop dengan bagus.

7. Tidak Sangat Banyak Menaruh Data

Bila Kamu mempunyai laptop dengan hard disk yang kapasitasnya tidak cocok keinginan Kamu, hendaknya janganlah dipaksakan buat menaruh seluruh informasi di hard disk laptop. Janganlah hingga kafe penyimpanan hard disk Kamu telah bercorak merah.

Informasi yang sangat banyak di hard disk hendak membuat hard disk bertugas dengan cara ekstra. Pemecahan bila Kamu menginginkan kapasitas yang besar, hendaknya membeli hard disk eksternal buat menaruh bermacam informasi.

8. Lenyap Informasi yang Tidak Perlu

Banyak orang yang ketahui hard disk telah ingin penuh serta bermukim menghilangkan informasi yang berarti. Sayangnya, kadangkala orang menghapusnya dengan cuma memencet tombol” del.” Menghilangkan informasi dengan memencet“ del” tidak menghilangkan dengan cara permanen, melainkan cuma memindahkan informasi ke“ recycle bin.”

Informasi yang dihapus hendak menumpuk di“ recycle bin” serta bila tidak dicermati hingga hendak lalu menumpuk serta memberati partisi hard disk. Sebab itu, bila akan menghilangkan informasi yang telah tidak diperlukan lagi, hapuslah dengan memencet“ shift+del.” Opsi ini hendak membuat informasi terhapus dengan cara permanen serta tidak hendak menumpuk di“ recycle bin.”

Oh yah, hapus pula data- data yang tidak bermanfaat lagi seperti temporary file, batang kayu, dan yang lain. Buat menghapusnya dapat menggunakan disk cleanup ataupun dapat memakai aplikasi pihak ketiga sejenis Ccleaner. Aplikasi semacam Ccleaner pula dapat menghilangkan informasi yang terdapat di“ recycle bin.”

9. Cermati Temperatur Hard Disk

Panduan serta metode menjaga hardisk laptop yang lain merupakan dengan mempehatikan temperatur hard disk. Piket hard disk supaya suhunya senantiasa normal serta tidak hadapi panas berlebih. Kamu dapat memonitori temperatur Komputer memakai program sejenis Komputer Wizard ataupun HDD Temperature.

Janganlah lupakan pula buat mensterilkan bagian dalam laptop. Siapa ketahui terdapat banyak abu melekat yang membuat kemampuan, bagus prosesor ataupun hard disk melambat. Ingat, abu yang menumpuk pada pc atau laptop berpotensi membuat bagian itu cacat. Bila Kamu kesusahan buat mensterilkan abu pada laptop, Kamu dapat memakai pelayanan orang lain.

Buat melindungi temperatur hard disk serta temperatur prosesor pada laptop senantiasa normal, hendaknya gunakan cooling pad, cek di sini untuk saran cooling pad terbaik. Beli yang baik pula tidak permasalahan sepanjang terdapat anggaran. Butuh dikenal, cooling pad ini dapat dapat menyejukkan laptop dengan cara totalitas, tercantum hard disk laptop.

10. Maanfaatkan Antivirus

Nyatanya antivirus dapat membuat hard disk lebih maksimal serta membuat hard disk tetap sehat. Kenapa? Sebab nyatanya terdapat banyak pula virus yang dapat mengakibatkan kemampuan permasalahan di bagian hard disk. Buat itu pasang antivirus untuk keamanan serta kesehatan hard disk.

Buat antivirus, Kamu dapat memakai program antivirus bawaan Windows. Bila Kamu tidak sangat yakin dengan Windows Defender, dapat pasang antivirus lain, bagus yang gratisan ataupun yang berbayar. Perihal terutama merupakan antivirus itu wajib senantiasa pembaharuan.

Demikianlah pemaparan mengenai metode menjaga hardisk laptop supaya abadi serta kuat lama. Mudah- mudahan menolong Kamu buat lebih memerhatikan hard disk laptop serta merawatnya dengan bagus. Kamu memiliki panduan lain buat menjaga hardisk? Sebarkan dengan Kita serta pembaca yang lain di kolom pendapat betul!